Mbak Anna,
Seinget saya sampai umur 2 tahun Dafi nggak pernah
dikasi permen (juga kalau ada tamu bawa permen
langsung saya 'sita'). Trus awalnya gimana udah lupa
dia makan permen sugus dan bisa, mungkin karena
permennya bisa dikunyah ya. Sebenernya dia seneng
banget makan permen, tapi saya buat aturan (niru
tipsnya Zara Zettira) hanya boleh makan permen hari
Sabtu, 2 buah dan permen lunak.
Jadi dia paling hapal hari Sabtu karena saya dan
papanya nggak kerja dan saya ke pasar pagi-pagi.
Saya rasa umur anak mbak udah bisa makan permen lunak
(yang bisa dikunyah), hindarkan permen keras/kristal,
apalagi permen karet. Beri peraturan tegas tentang
makan permen, termasuk juga terhadap keluarga/teman
yang datang bawa oleh-oleh permen. Pernah juga Dafi
'melanggar' aturan itu dan makan permen kristal
(dikasi neneknya waktu saya nggak liat) dan keselek,
untung permennya udah dipotong duluan jadi agak kecil
dan bisa tertelan dengan baik, tapi itu jadi
pengalaman berharga bagi dia (dan neneknya) kalau
peraturan mama selalu didasari alasan yang bagus
he..he..he..

Mamanya Dafi

--- "Ana,AndrianiJKELL"