On Fri, 8 Jun 2001 10:38:57 +0700
[EMAIL PROTECTED] wrote:
> Hari ini anak saya mau dimunisasi yang kedua kali. Kata orang sehabis
> dimunisasi pasti suhu tubuhnya akan panas. Untuk menghindari panas yang
> berlebih pada si baby ada nggak cara mengatasinya?

Imunisasi DPT atau Campak, Pak ?

Kalau DPT, sehabis diimunisasi setibanya di rumah bisa langsung
diberikan obat penurun panas, banyak diberi cairan seperti susu, air
putih, atau sari buah, dan dikompres air hangat (jangan air dingin).

Kalau campak, reaksi demamnya akan muncul biasanya satu minggu setelah
divaksin. Cara menanggulanginya beri obat turun panas, sama seperti DPT.

Atau kalau Anda mengimunisasi anak Anda di RS yang besar, tanyakan
mengenai vaksin DPT acelullar, yang reaksi komponen Pertusisnya tidak
terlalu membuat anak panas. Vaksin ini belum umum di Indonesia karena
mahal, jadi hanya RS besar saja yang tahu. DSA saya saja tidak tahu
adanya vaksin DPT acelullar.

Semoga membantu.

Regards,
F e r o n a