Ibu Nur,
Faishal kalau malam boboknya berapa jam? 'Kali udah kelamaan... :-)
Ngga' ding, betulnya kebiasaan bobok ini bisa kita atur, dijadwal. Mis.
bangun pagi jam 6, kemudian tidur lagi jam 10, sore tidur lagi jam 2, dst.
Dg pengaturan jadwal spt itu, si kecil akan terbiasa. Jadi tidurnya ngga'
cuman 15 menit-an. Kasihan lho sebetulnya klu seperti itu.
Mungkin juga suasana lingkungan. Dulu anak saya juga susah klu mau tidur,
udah digendong, begitu ditaruh lgsg melek lagi, dan payahnya dia
kagetan... Klu tipenya spt itu, usahakan rumah tenang pas jam tidurnya.
Bisa juga, sambil tidur diputerin lagu2 yg tenang [lagu klasik, lagu
rohani, lagu alquran, dll], jadi kalau ada suara2 berisik sedikit, tidak
mengganggu tidurnya.
Umur 3 bulan, masih normal kok tidur dengan digendong atau diayun2 dulu.
Tapi klu ga' ada yg bantuin nggendong, ya pegel juga donk ibunya. Biasanya
anak usia 6 bulan, sdh bisa ditidurkan sendiri, klu pun belum ya
dibiasakan. Jangan ditaruh di box ketika sdh tidur, tp biarkan dia
terlelap sendiri di boxnya. (Saya telat nih dp tips ini, udah keliwat...
anakku wkt itu 1.5 th, udah susah untuk tidur sendiri).
Klu mmg ibu kecapaian menggendong, ya bisa saja pakai ayun2, atau carrier
yg bisa digoyang2. Jadi ngga' tll pegel juga sih!

Bisa juga mulai dibiasakan, kalau jamnya tidur, tiduran berdua di tempat
tidur, main2 dikit, baca buku, dan tidur bersama, nanti klu anaknya udah
bobok, ya ditinggal pergi.

Okay, gitu dulu... 'moga bermanfaat!

best regards,
Quinike

---------------------------------------------------------------------------From:
Nur Salamah
Subject: [balita-anda] bobo siang
Date: Sun, 17 Jun 2001 21:10:51 -0700

Anak saya Faishal, usianya hampir 3 bulan , tapi susah sekali untuk bobo
siang hampir seharian nggak bobo, paling lama sekitar 15 menit.
Tolong bagi yang tahu tips-tipsnya agar anak dapat bobo siang, selain itu
ia
suka sekali digendong, gimana juga nich cara ngilangin kebiasaan
digendong.
Terimakasih

Nur  (Ibunya Faishal)