Saya jadi pengen ikut nimbrung tentang ikan asin, kebetulan waktu kuliah
dulu saya beberapa kali berkunjung ke tempat pengolahan ikan secara
tradisional diantaranya pembuatan ikan asin dan kebetulan juga saya pernah
praktek lapang pada pembuatan ikan asin di Bagansiapi-api.  Setau saya
pembuatan ikan asin dibeberapa tempat yang pernah saya kunjungi tidak
menggunakan baygon atau alat pembasmi serangga lainnya untuk membunuh lalat.
Memang pernah ada yang mengatakan ada petani ikan yang menggunakan zat kimia
tersebut, tapi tentu saja ikan asinnya bau dan seperti kata Pak Taufan perlu
dana yang besar untuk membeli baygon.  Jadi kita nggak perlu resah dengan
isue ini, selagi makannya nggak kebanyakan dan cukup tentunya amankan?
Kecuali kalau makan ikan asinnya setiap hari dalam jumlah yang banyak
tentunya bisa darah tinggi karena kadar garamnya yang tinggi.  Semoga
membantu.

Mamanya Naufal & Nabil