  From: Jimmy Tanaya
  To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
  Sent: Thursday, November 15, 2007 12:32 AM
  Subject: [budaya_tionghua] Re: Lalu bagaimana dengan orang Tiongkok? --
perbandingan dengan insiden penggu

  Nanggapi sedikit tulisan anda bung Zhou,

  --- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "Skalaras" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

  > 2. Karena kita berangapan istilah Cina itu rendah, kalau ada yang
  ngotot memakainya berarti rela direndahkan. ini konsekwensi pendapat
  dari golongan yang merasa istilah Cina rendah.

  Masalahnya, ini belum menjadi kesepakatan umum. Mungkin bagi generasi
  60-an (or generasi senior), istilah cina tuh merendahkan. Tapi bagi
  generasi yg lebih muda, mungkin saja tidak. Apakah karena mereka tidak
  tahu sejarah? mungkin saja tidak (alias mereka tahu). Lalu kenapa
  masih tidak peduli? ya bisa saja karena penggunaan 'cina' saat ini
  tidak otomatis dalam intonasi menghina dan mereka tidak merasa istilah
  tersebut 'merendahkan'.

  Terlalu generalisasi anda bung.

  >sebaliknya, golongan yang merasa istilah Cina itu harum sehingga
  mati2an mempertahankannya silahkan mengklaim kelompoknya adalah
  golongan harum, sejaki lagi, Dao Bu Tong Bu Xiang Wei Mei ....

  saling klaim mah terserah. Yg penting jangan menghakimi kelompok lain
  sebagai 'bau'. Apakah anda mau golongan anda disebut 'bau'?

  salam,
  jimmy