Aku tidak mengenal ahli fengshuinya, melainkan mengenal pemilik tanah yang
akan dipakai menjadi makam, dan sudah haji pula, beliau sendiri yang
bercerita ke aku sambil tertawa-tawa, bahwa banyak orang Tionghoa yang
pengetahuannya malah tidak lebih baik dari beliau, dimana beliau bisa tahu
seluk beluk fengshui dan bagaimana memasarkan 'kemampuan' ke konsumen.

Gunung Gadung pada dasarnya memang untuk pemakaman warga Bogor, dimana di
bagi 2 bagian, bagian satu untuk golongan Kristen, sedang bagian lain untuk
Tionghoa non Kristen.

Sejak pekuburan di Jakarta ( kebon nanas ) di hilang kan, secara mendadak
banyak limpahan petimati dari Jakarta, dan sejak saat itu pula Gunung Gadung
menjadi tempat favorit untuk dijadikan tempat persinggahan terakhir (
sekarang sih sepertinya pindah ke daerah Bekasi ?), dan akibat dari ini,
masyarakat awal yang asalnya petani penggarap berubah menjadi tukang merawat
makam, dan........keturunannya menjadi tukang minta minta sedang untuk
remaja pria menjadi preman pemabokan.

Aku pernah mempertanyakan langsung ke Bapedal Kotamadya Bogor mengenai RTRW
( Rencana Tata Ruang dan Wilayah ) kota Bogor, dimana salah satunya adalah
Gunung Gadung, aku pertanyakan mengapa areal subur dan berlokasi dekat
dengan kota serta sangat strategis malah dijadikan kebun beton ?, dan
bagaimana dampak psikologis terhadap masyarakat sekitar ?

Dia menjawab selain untuk meningkatkan PAD juga mengurangi pengangguran, aku
balik tanya apakah benar mengurangi pengangguran dengan menjadi tukang rawat
kuburan dan peminta minta, karena untuk tukang bangunan tetap saja tidak
bisa memakai tenaga lokal, dan premanisme tumbuh subur......dia tidak bisa
menjawab dan pergi begitu saja ( Ibu Ernawati ).

Dalam hal ini pola kehidupan bermasyarakat menjadi terbalik, dimana mereka
hanya mengharapkan datangnya Jenasah dan Chengbeng, jangan coba coba datang
untuk sekedar sembahyang tanpa membawa uang kecil, karena bererot anak anak
mengikuti kita kemanapun kita pergi ( aku pernah ngalami kebelet buang air
kecil, dan sampai mabok di ikuti terus terus, akhirnya begitu melihat aku
memang mau membuka retsleting celana baru deh ntu anak anak ngabur ).

Dalam hal ini aku hanya menghimbau bahwa pola pengelolaan pemakaman di
Indonesia kurang dan bisa dikatakan tidak baik, berbeda dengan daerah
pemakaman yang memang sudah eksis lama dan berlokasi di tengah kota, selain
luasnya terbatas juga sekelilingnya sudah penuh dengan aktivitas masyarakat
( Pandu di Bandung ).

Gunung Gadung menjadi berbeda karena pemakaian luas tanahnya yang benar
benar diluar batas kenormalan, ada yang satu bukit milik satu keluarga, ada
yang 400 meter, belum lagi 100 sd 200 meter mah gak ke hitung, sedang
masyarakat di sekitar ber rumah gubuk.

Salah satu asuk ku yang datang dari RRT sampai hampir menangis sedih melihat
kondisi pemakaman tersebut, dia hanya bicara mengapa Tenglang Indonesia
lebih memikirkan orang mati, sedang orang hidup tinggal di gubuk dan rumah
kecil......

Aku mah sederhana ajah jawab nya, maklum lah mereka orang kaya,
kekurangannya sedikit koq......tidak punya nurani.

Mengenai pembongkaran, sebenarnya juga terjadi di daerah lain, hanya tidak
separah di Bogor, maklum di Bogor termasuk banyak pekuburan yang tidak
dirawat.

Ada sebuah kuburan dimana pemiliknya sangat sangat kaya untuk ukuran itu,
dan dia memakai tanah kurang lebih 7x7 M² ( koreksi bila salah ), dan konon
di situ juga di kubur kendaraan aslinya......dalam hal ini dia tidak
serakah...

sur. ( untuk per Fengshui an aku 'rada rada percaya euy' , makanya mending
jangan di kubur )
ps.
Apakah ada yang tahu aturan menaruh jenazah yang baik dan benar didalam peti
mati ?, katanya kaki jenasah harus nempel di dinding peti mati, bila tidak
maka keturunannya akan mengalami kehidupan yang terombang ambing.

sur.