Sdr.Liang dan sdr.Tony,

Sdr.Tony, saya bukan pakar disini, tapi ijinkanlah saya mencoba
menjawab dengan pengetahuan saya yang masih rendah ini.

Sdr.Liang, mengenai bongpai yang menggunakan salib, menurut saya wajar
saja sesuai dengan keyakinan anda.

Meja yang ada di kuburan, saya beranggapan itulah ciri khas budaya
Tionghoa yang salah satunya berkaitan dengan makanan.
Jadi tidak aneh jika kepada yang meninggal juga mereka melakukan
penghormatannya dengan makanan, yang mana sebenarnya sama saja dengan
karangan bunga. Mungkin bedanya adalah, makanan masih bisa dimakan
oleh orang hidup tapi karangan bunga akan menjadi layu.

Tapi benturan budaya yang terkadang dikaitkan dengan "dogma" membuat
tidak mau melirik atau melihat arti makanan dalam budaya Tionghoa.
"Dogma" yang mereka kumandangkan juga sebenarnya tidak lepas dari
budaya tempat "dogma" itu berasal.

Jadi dalam pandangan saya, sah-sah saja jika anda mau menggunakan
meja, menaruh makanan bahkan dengan dupa sekalipun. Asal anda
menyadari makna-maknanya tentunya. Jika ada orang yang tidak tahu
maknanya tapi hanya ikut-ikutan saja, itu sama saja seperti membeo
tapi tidak tahu apa yang diucapkan.
Jika ada orang yang menyindir atau memandang rendah cara-cara itu tapi
tidak tahu maknanya, sama saja seperti menampar orang lain tanpa sebab.

Hormat saya,

Xuan Tong
--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, Tony Setiabudhi
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> MOHON DITANGGAPI OLEH PAKAR;
> Karena ini penting utk melestarikan BUDAYA "Bhakti terhadap LELUHUR"
> TQ
> Tony S

KUBURAN<BONGPAY?.>

http://uk.messenger.yahoo.com