Iya tuh, gue sempet takjub, dan jadi mikir.

Gini, sebelumnya gue bilang dulu, gue nggak berminat ribut lagi soal
istilah, udah bosen. Ini sekedar sharing pemikiran aje deh.

Kemaren sebelum seminar mulai, ada yang nyeletuk,
"Ini seminar soal rumah peranakan Cina, tapi Cina nya yang dateng kok
sedikit ya?"

Nah terus ada yang nyahut,
" Sekarang disini (Indonesia) nggak ada Cina, yang ada Tionghoa. Orang
Cina sih adanya jauh di China sana."

Gue khan langsung tunjuk jari, "Kang gue masih Cina, Kang." Begetoh.

Habis itu gue mikir. Ternyata ada perbedaan pandangan terhadap istilah
CINA.

Sepertinya buat Akang, istilah Cina itu ya mengacu pada RRC,
jadi yang namanya orang Cina itu yang warga negara RRC.
jadi untuk keturunan yang disini, sebutnya ya tionghoa, gitu kali.

Sedangkan buat gue,
Cina itu ya keturunan nenek moyang gue di daerah yang berbahasa Melayu.
Yang di Indonesia, yang di Malaysia juga. Dari jaman majapahit
disebutnya Cina kok.
malahan sebutan yang tionghoa itu menurut gue mah terlalu berkiblat ke
tiongkok, mainland, da lu.
apalagi sejarah 1910 an istilah tionghoa dipopulerkan dengan maksud
kedekatan ke sono.

Gue sih nggak masalah disebut Cina, boleh, Tionghoa juga nggak nolak.
Cuman pengen nyengir aja, ternyata persepsi orang dan alasan orang tuh
bisa laen.
Ini yang kemudian jadi biang gontok-gontokan, beda persepsi, terus ribut
gak keruan.

dah, ah, kaga gue terusin lagi, males kalu ribut lagi.
Mendingan godok soal itu tuh, gimana, mau seminar-seminaran soal gedung
tionghoa Jakarta di markas?
Gue kumpulin foto-foto deh.
Siapa punya foto gedung tionghoa di Jakarta.... kirim gue siniiiii !!!

PS:  Tjong A Fie itu tetangganya si Bud's  di kampung halamannya tuh,
sebelahan atau belakang belakangan getoh.
Mustinya kemaren lu dateng Bud's. ketemu kawan sekampung, huehehehehe.