Haiyaaa, gue abis debat seru sama sepupu gue, pasalnya kita punya
beda pendapat soal sembayangan di malam sebelum Imlek.

Kalau dulu masih ada Amah, khan diaturin semuanya, mulai dari set
meja sembayang sampe ke apa aja yang mau di bakar kemudian. Biasanya
sih uang-uangan beberapa karung. Aturannya tiap tahun uang uangannya
kudu nambah. enggak tahu kenape, dan kita cucu cucu jaman masih
ingusan, mana mau tahu urusan, juga nggak pernah bertanya.

Sekarang cucu cucu ceritanya mau mempertahankan  tradisi, tapi binun
sebab nggak ada yang aturin lagi, jadinya suka bikin bikin aturan
sendiri. Nah yang gue debat seru sama sepupu mah soal ini, seinget
gue, kalau sembayang malam sebelum imlek, itu Amah cuman bakar uang
uangan berkarung karung doank, sementara sepupu gue ngotot, enggak
ah, ada baju bajuan, koper koperan de el el.

"Khan disana juga butuh baju baru kalau mau taon baru, kapan kita
kirimnya kalau bukan semalam sebelum ce it?" gitu kata sepupu gue.

"Lha khan kita kirimin duit berkarung karung, ya di sana belanja
sendiri kali." gitu gue bilang.

"Besoknya khan udah sincia, mana sempet belanja," sepupu gue
ngotot, "jadi kita yang wajib kirimin baju baru, sepatu baru, de el
el"

Gue jadi mikir, iye juga ye. Sementara sepupu gue yang lain cuman
ngakak ngakak aja, "lu orang udah pada edan, ributin belanja di
akhirat, bakar-bakaran nggak keruan, buang-buang duit aja."

Gue ama sepupu gue yang lagi debat langsung bilang "Ah, Shut up lu,
Kirno!" tentunya dengan keakraban kita, sering tuding tudingan kirno
dan likno sudah biasa, no hard feeling.

Tyus gue janjikan, ya udah nanti gue tanya sepuh-sepuh budayawan deh,
sebetulnya kalau sembayang malam sebelum sincia itu duit-duitan
doank, atau juga bakar koper koperan, baju bajuan, sekarang malah ada
handphone de el el enggak sih? sebab seinget gue mah bakar begituan
tuh kalau mau ceng beng doank, sekali setahun, sementara sepupu gue
kirim kiriman dunia akherat tuh tiga kali setahun: mau imlek, ceng
beng, dan bulan tujuh.

Jadi mana yang bener nih,kirim kirim koper ke akherat sekali setahun
atau tiga kali setahun?

Kirim email ke