Jikalau kalian ingin merayakan  setiap festival dari china - setiap bulan
selalu ada yg dirayakan - tetapi karena kita hidup diluar china dimana selain
chinese festival juga festivals dari lain aliran agama dirayakan hanya sebagian
kecil dari festivals dari kebudayaan China dirayakan diluar China.
Untuk melihat yg komplit silahkan baca dibawah ini:

* Perayaan mulai dgn  "CHU XI"  atau yg saya sebut malam silvester atau malam
sebelum lunar newyear - dimana keluarga dari segala jurusan berkumpul dan kita
menghormati leluhur kita dan dgn ini sembayang leluhur. --- goal utama adalah
re-union.
" Ini langsung disusul dgn tahun baru atau   'XIN NIAN'.  Pada hari ini kita
mengucapkan happiness kepada yg lebih tua dan tinggi dari kita dan kita
memberikan angpao [hungpao kepada anak² atau yg membutuhkan bantuan.
* Satu minggu kemudian adalah hari ulang tahun semua orang [Ini karena tidak
ada catatan sipil dan buta huruf dan hanya tahu shio] - Jikalau tidak
merayakannya biasanya ini dipakai utk sembayang TienKung [Heaven God]
* Lantern festival menyusul pd tgl 15nya atau Yuan Xiao day atau diIndonesia
dibilang Capgomeh = YUAN XIAO day
* Tgl 2 bulan 2 adalah hari QING LUNG day - hari naga  dimana biasanya kita
makan ping - Chung yu bing, Chun bing, Sao Bing etc  dll incl. mieh [noodle]
* Tgl 3 bulan 3 adalah hari wanita  atau NU ER day juga dikenal sebagai SHANG
SI day
* QING MING menyusul pada 4/5 April - hari pembersihan kuburan dsb [ini
dirayakan]
* Tgl 5 bulan 5 adalah PEH CHUN atau dragon boat festival atau DUAN WU day
[double 5 day] - Pada hari ini kebanyakan kita makan macem² bacang,
* Tgl 6 bulan 6 adalah hari mencuci dan menjemur SHI SAI day dimana buku2,
baju2 etc dibersihkan dicuci dan dijemur - boleh dikata hampir midsummer.
* Tgl 7 bulan 7 biasanya kurang terkenal sebab sering disama ratakan dgn hari
setan.
Tetapi ini adalah hari raya 7 atau QIXI day dan kita makan kuah piah seperti
Laopo bing etc.
* Tgl 15 bulan 7 ini adalah hari setan - Pada hari ini pada umumnya menurut
kepercayaan pintu acherat dibuka dan mereka yg dihukum utk satu hari ini
dilepas. Sering mereka diberikan uang kertas [utk sogok] dan makan²an karena
mereka tidak diberikan makan sewaktu dihukum.
* Tgl 15 bulan 8 ini adalah  ZHONGQIU day atau Moon festival dimana biasanya
bulan terterang waktu malam dan boleh disamakan dgn harvest festival atau Ernte
Fest di EU atau Thanksgiving diUS Pada hari ini kita makan moon cake etc.
Zhongqiu cake.
* Tgl 9 bulan 9 atau CHONGYANG day [double yang day]  ini diIndonesia tidak
dirayakan dan dinegara² sekitar China dan China dirayakan sebagai hari naik
gunung dan hari dimana kita mengunjungi kuburan leluhur dan membersihkannya
sebelum musim dingin. Biasanya kita hari ini makan nasi dgn ikan asin dan
lalap² jadi makan sesedarhana mungkin. Kenapa saya tidak tahu tetapi itulah
tradisinya.
* Tgl 15 bulan 10 ini juga diIndonesia tidak dirayakan XIA YUAN day. Pada hari
ini kita pergi kesungai dan melepaskan lantern kembang di sungai untuk spirit²
Ini kalau tidak ada sungai atau lake juga sulit utk dirayakannya.
* Tgl 21 December ini adalah winter solstice atau DONG ZHI day - Pada hari ini
kita makan Onde yg bisa berisi manis atau yg dimasak dgn daging  jadi asin.
Biasanya malam ini keluarga yg dekat mulai berkumpul - udara dingin dan malam
sangat gelap sekali.
* Tgl 8 bulan 12 ini adalah  LA BA day . Menurut kepercaayaan hari ini Budha
mencapai enlightment. Tradisi menentukan bahwa kita harus makan bubur manis
[congee] Ini diIndonesia sering disebut lektau yg bisa ketan hitam, kacang
hijau atau kacang merah etc. macem² lah.
* Tgl 23 bulan 12 biasanya kita sebut sembayang kitchen God atau toapekong
dapur atau XIAO NIAN day dimana kita sogok dia dgn kueh manis dan lengket atau
dgn arak agar mabok

Andreas