From: Tantono Subagyo <tant...@gmail.com>

Date: Fri, 13 Feb 2009 12:34:16
To: <budaya_tionghua@yahoogroups.com>
Subject: Re: [budaya_tionghua] Re: contoh realistis

Bung Hendry ysh,
Kalau anda hidup di pedalaan Sumut tentunya anda tahu yang namanya andung.
Nah mereka tidak mengharapkan kami yang melayat untuk andung.  Untuk mereka,
penghormatan biasa sudah cukup, asal sikapnya hormat.  Nah kalau saya
melayat rekan dan Saudara yang Tionghua, biasanya juga begitu, pakai dupa
atau tidak juga sama saja.  Asal sikap tetap hormat.  Nampaknya kalau
menurut kriteria anda harus dengan hio baru hormat.  Tujuan saya :
menghormati yang hidup, dan memberikan penghiburan kepada yang ditinggalkan,
perkara dalam hati saya yang tahu, dan bilamana tidak pegag hio disebut
arogan itu 'kan kriteria anda.  Umur saya 57 tahun, banyak teman saya yang
sudah meninggal, dan tidak ada keluarga mereka yang mengharuskan pegang hio,
dan kalau tidak maka dianggap tidak hormat.  Demikian juga dengan andung,
hanya diharapkan untuk Saudara dan tidak untuk tamu.  Salam, Tan Lookay

--
Best regards, Tantono Subagyo

Kirim email ke