Maaf, tapi menurut saya, sebutan Tionghoa/Cina/China seharusnya juga tidak
tepat untuk dipakai dalam merujuk pada nama etnis.
Misal kalau dari yang anda sampaikan itu, mengenai perumpamaan kejadian
pengumuman orang hilang atau anak hilang dan harus menyebut etnis, menurut
saudara2 penampilan, penampakan, atau tampang kita-kita yang
disebut Tionghoa/Cina/China mirip gak dengan saudara-saudara dari negara
lain seperti Jepang, Vietnam, Korea ?
Jadi kira-kira kalau di Amrik misalnya yang banyak sekali imigran dari
negara-negara asia, bila ada ada kejadian seperti itu mereka akan sebutnya
apa ? Chinese, Japanese, Vietnamese, Korean atau ese ese yang lain ? Karena
kita tampangnya mirip-mirip semua.

Menurut saya sebutan Tionghoa/Cina/China lebih merujuk pada asal negara
dibandingkan etnis itu sendiri.

Regards,
Paulus T.

2009/10/14 <jackson_ya...@yahoo.com>

> Coba bayang kan kalau ada pengumuman orang hilang atau anak hilang tanpa
> menyebutkan etnisnya. Hahaha. Atau pengumuman dirumah sakit tentang orang yg
> tanpa identitas (bisa aja dompetnya dirampok)yang kecelakaan dijalanan. Cw
> tanpa identitas tak sadarkan diri karena kecelakaan dijalan dengan ciri umur
> 20thnan, tinggi/bb. kulit putih, mata disipit <--- ntar marah lagi katanya
> rasis hehehe

> Teruuusss...!
>
> *
> *