From: "Akhmad Bukhari Saleh" <absa...@indo.net.id>
Date: Wed, 14 Oct 2009 21:24:09
To: <budaya_tionghua@yahoogroups.com>
Subject: John Lie   (Re: [budaya_tionghua] Re: Mengapa Kata 'Cina' Tidak Pantas
Digunakan?)

----- Original Message -----
From: Nasir Tan
To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, October 14, 2009 11:32 AM
Subject: Re: [budaya_tionghua] Re: Mengapa Kata 'Cina' Tidak Pantas Digunakan?

> Laksamana (Jenderal TNI - Angkatan Laut ) John Lee
> ( Tenglang Asli dan Katolik).

Alm. Laksamana Muda TNI Purn. Jahja Daniel Dharma (John Lie), kebetulan bukan
Katolik, melainkan Protestan.
Sejak masih berdinas aktif alm. sangat taat dalam agamanya itu, dan sesudah
purnawira dari TNI alm. resmi menjadi pendeta.

Tentang etnisnya, Laksda. John Lie lebih sering menyebut dirinya sebagai
kawanua (orang Minahasa) daripada tionghoa, apalagi tenglang.
Walaupun tentunya tidak menghapus fakta bahwa alm. lahir di suatu keluarga
tionghoa, yang malahan menganut agama Buddha, bukan Kristen.

Tentang kepahlawanannya, Laksda. Jahja Daniel Dharma, yang meninggal tahun 1998
dalam umur 87 tahun (lahir 1911), tiga tahun sebelumnya (1995) telah
dianugerahi bintang kepahlawanan Bintang Mahaputera Utama oleh Presiden
Soeharto.

Wasalam.