Klo anda tertarik sejarah kekejaman barat . Bolehlah di telusuri :

Kekejaman USA terhadap Filipina , padahal Filipina adalah sekutu USA dalam
perang antara USA - Spanyol. Peristiwanya hampir bersamaan dengan perang
Boxer. Juga intervensi USA di amerika tengah dan selatan.
Dinasti Qing yah mengalami fall en rise , risenya sampe tahun 1800
sesudahnya mulai di simultan Jepang dan Barat. Ukuran Tiongkok dan
penduduknya terlalu besar , gak mungkin di okupasi satu negara saja . (carve
the melon )

Pada saat itu yah Russia juga salah satu adidaya di dunia. Wilayahnya
terluas , selain menggerogoti wilayah Tiongkok juga , sempat mengambil
Alaska dan menjualnya ke USA.
Memang di bidang ilmu pengetahuan Russia tertinggal beberapa langkah ,
karena penyebabnya salah satunya , saat Mongol (Golden Horde) menguasai
Russia , memberikan dampak kerusakan yang membuat Russia tertinggal beberapa
puluh tahun dari rekan2nya di Eropa.

Tiongkok sama seperti Russia . Walau sama2 pernah di duduki bangsa "barbar"
medan kedua negara itu susah di duduki . Russia jago permainan defensif ,
pertama yang jadi korban adalah Napoleon kedua adalah Hitler . Selain harus
menaklukan secara militer , barang siapa yang berminat mencaplok Russia yah
harus mengalahkan general winter (jadi momentumnya harus tepat) . Tapi
sekali lagi , nyatanya Russia mampu mempertahankan luasnya wilayah yang
secara teknis susah di jaga . Perhitungkan juga luas perbatasannya dengan
begitu banyak negara . Russia juga pernah sukses mengatasi adidaya lainnya ,
Ottoman .

Kalau soal kemenangan orang Asia dari kulit putih yah jangan lupa bahwa
sebelumnya bangsa Hun memporakporandakan Eropa , sebagai penyumbang terbesar
keruntuhan Roma juga . Ribuan tahun sesudahnya giliran Mongol Empire
memporakporandakan Eropa (Timur) .

Kemenangan kecil lainnya Koxinga yang berhasil menghantam Belanda di Taiwan

Kemenangan Russo Japanese war , memang berpengaruh bahwa kulit putih yang
lagi dominan bisa kalah, setidaknya yah membangkitkan kepercayaan diri
bangsa Jepang . Jangan lupa 8 tahun sebelum Russo Japan war , Jepang dan
juga Russia yah satu team dalam mencabik2 Tiongkok dalam perang Boxer . Dan
Tiongkok harus membayar kekalahan perang sejumlah 450 juta tael (dengan
asumsi satu penduduk satu tael) , diantara 8+3 negara , yah Russia sebagai
salah satu  penerima pembayaran terbesar .

Kenapa tidak memasukkan candu ke Jepang?
Yah kembali ke yang saya bilang tadi , dari segi ukuran penduduk dan luas
wilayah , Jepang dan Tiongkok bagaikan bumi dan langit . Solusi barat
terhadap Tiongkok dan Jepang yah berbeda. Tiongkok yang penduduknya ratusan
juta pada masa itu terlalu raksasa , jadi yah harus di rusak moral
penduduknya .