patut di telusuri

apa sistem tributary dinasti Qing sekuat masa dinasti Qing ?
Karena ada hubungannya dengan perdagangan antar negara.

Dan kebijakan Qing tentang kebebasan bagi warga negaranya untuk melakukan
perjanalan keluar negri , perjalanan niaga dll , apa saat itu sudah bebas?

Seperti posting saya  yang berulang2 , barat dan timur masing2 ada kelebihan
, western physic dan eastern ethics

eastern ethics paling tidak malah membuat barat semakin kuat karena
menyediakan solusi bagi konflik agama di eropa yang berkecamuk pada masa itu
, antara protestan dan katolik .

2009/12/25 Ivan <ivan_taniput...@yahoo.com>

> Salam,
>
> Membahas mengenai pasar yang tertutup di China abad ke-19. Tidak benar
> China adalah pasar yang tertutup. Buktinya barang2 Barat boleh masuk dengan
> leluasa, selama itu dibutuhkan oleh rakyat. Memang benar bahwa Kaisar
> Qianlong pernah menolak barang2 Barat, tetapi itu khan abad ke-17. Di abad
> ke-19 kondisinya sudah berubah. Pada hakekatnya, China bukan pasar tertutup,
> tentunya bagi barang2 SELAIN candu. Lin Zexu pernah menulis surat pada raja
> Inggris dan menanyakan bagaimana kalo seandainya China yang memasukkan candu
> [...]

Kirim email ke