From: "Erik" <rsn...@yahoo.com>
Date: Thu, 07 Jan 2010 04:11:12
To: <budaya_tionghua@yahoogroups.com>
Subject: [budaya_tionghua] Re: HUACHIAO  dan  HUAREN=> Pro Sumamihardja

Pak John yth:

Saya kenal baik dengan Pak Benny Gatot Setiono dan juga bung Suma
Mihardja.  Dan saya juga tahu persis bahwa Suma pun kenal secara pribadi
dengan pak Beny.

Betul pak Benny pernah menulis buku berjudul "Tionghoa dalam Pusaran
Politik", proses penulisannya yang makan waktu bertahun-tahun itu juga
kami ikuti dari waktu ke waktu kok!  Karena itu, kami tahu persis apa
yang ada di benak beliau lewat diskusi-diskusi antara kami selama ini.
Isi buku pak Benny yang kaya dengan kutipan-kutipan dari terbitan tahun
lama yang mencatat peristiwa sejarah di Indonesia yang melibatkan
masyarakat Tionghoa, memang pantas dijadikan referensi bagi yang ingin
studi tentang masyarakat Tionghoa di Indonesia. Namun demikian, masih
ada banyak pendapat beliau yang kontroversial yang masih selalu
diperdebatkan bahkan juga antara sesama pengurus dan anggota INTI dan
masyarakat luas lainnya (termasuk bung Suma).

Mohon maaf, pak John, saya jadi tertawa geli dengan kalimat yang anda
lontarkan pada Suma "anda belum kenal, kenali dulu gih". Apa iya Suma
tidak kenal pak Benny, yah keterlaluan donk!!

Adapun mengenai gelar Dr (Doktor?) , yang saya tahu adalah Pak Benny
waktu masih bernama Ko Tian Tong dulu pernah kuliah di Universitas Res
Publika (sekarang Trisakti) yang tidak selesai gara-gara peristiwa G 30
S. Kalu tiba-tiba pak John informasikan bahwa Pak Benny bergelar Dr
(Doktor) kami-kami yang sudah lama kenal secara pribadi dengan beliau
jadi bingung neh!!

Salam,

Erik

------------------------------------------------------------------------\

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "John" <johnsiswa...@...> wrote:

> Bung Sumamihardja yth selamat pagi,
>
> Yang menulis artikelnya jelas tertulis (DR.) Benny G. Setiono...
> Seorang tokoh keturunan Tionghoa ahli masalah-masalah Tionghoa di
Indonesia yang sudah kesohor... (anda belum kenal, kenali dulu gih)

> Anda menuduh DR. Benny fobia ?
>
> He he he gue jadi bertanya-tanya nehh, emang siapa anda ?
>
> John Siswanto
>

> --- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "sumamihardja" sumamihardja@

selesai-selesai. Udah berapa tahun pesan ini selalu diulang-ulangnya?
Baca saja bagian belakang tulisannya. Ditujukan ke siapa pesan ini?
Jangan-jangan si penulisnya yang mengalami ilusi. Semakin sering
ditulis, justru semakin menunjukkan pesan bahwasanya yang fobia adalah
penulisnya sendiri.

Tionghoa Indonesia itu pada dasarnya tidak menjadi WNI sungguhan,
kecuali si BS ini yang benar-benar nasionalis sejati lewat
pengulangan-pengulangan tersebut. Apa lagi cari muka sebagai pemuka?
Lagipula, dia itu mau memaksudkan huayi dengan yi huruf dari apa? ini
juga membingungkan dan tidak jelas dia sebenarnya mau ngomongin apa.

Kirim email ke