Seingat saya tidak disebut Pak. Cuma bencana lingkungan, overpopulasi,
deforestasi, overfishing dan seperti yang Pak Koesoema bilang, penyakit
menular.  InshaAllah nanti saya baca2 lagi.

Meletusnya gunung vesuvius menyapu kota Pompeii. Tapi kekaisaran Roma toh masih
berdiri. Tsunami meluluh lantakkan Banyak kota, tapi DI Aceh apalagi Indonesia
dengan budayanya masih jaya. Letusan krakatau dan tambora yang menelan korban
ratusan ribu jiwa ( combined) di abad 19 juga tidak menyebabkan mundurnya VOC
dari nusantara.  Jaci rasanya saya sependapat dengan pak Koesoema bahwa manusia
dan budayanya cukup resilient dan tidak gampang punah.....kecuali mungkin kalau
kita sebagai species memilih untuk menghancurkan sendiri....

Kirim email ke