Dear rekann,.....

Fenomena penolakan masyarakat terhadap kegiatan eksplorasi sdh pada tahap
sangat mengkhawatirkan dan tentu merugikan,...baik dalam jangka pendek
maupun jangka panjang. Karena tdk dipungkiri kegiatan tsb merupakan salah
satu pemicu kegiatan ekonomi masyarakat. terutama kalau dikaitkan dengan
komitment pemerintah dalam penyedian minyak dan gas bumi untuk rakyat.

Saya kira kita harus segera secara bersama sama punya kegiatan/action
untuk mengatasi masalah tersebut secara terintegrasi, dan tentunya
menyentuh langsung ke masyarakat. Dan mestinya kita saat ini sangat sulit
untuk bisa ngomong langsung kemasyarakat (maap, sdh apatis), harus ada
cara yg cerdas dan tepat menyampaikan permasalahan tersebut sehingga bisa
sampai apa yg diinginkan kita. Beberapa waktu saya pernah mengusulkan ke
salah satu teman dari perusahan Migas di Jatim untuk membuat program
sosialisasi eksplorasi migas di daerah Sidoarjo dan sekitarnya. Kegiatan
tersebut berupa penyampaian baik secara formal maupun informal, dan saya
kira kalau kita sampaikan ke masyarakat harus juga memilih dan memilah
masyarakat mana sasarannya. Target/sasaran tersebut haruslah tepat dan
mempunya daya penetrasi yng cukup,......ada beberapa strategi yg bisa kita
lakukan, diantaranya :
 (1)sosialisasi secara langsung ke kalangan guru/ustad dan siswa/santri
 (2)pemberian beasiswa bagi masyarakat setempat untuk bidang Geologi-
    Geofisika-pertambangan-perminyakan dan serumpun lainnya kepada
    masyarakat sekitar kegiatan eksplorasi/eksploitasi sehingga pesan akan
    tersampaikan dg sendiri. Cara ini memerlukan waktu agak lama,
    tetapi sangat manjur.
 (3)hendaknya dalam menjalankan kegiatan csr selalu mengutamakan kegiatan
    berbasiskan kepentingan masyarakat dan kesepakatan langsung dengan
    masyarakat dan sifatnya usulannya bottom up. Karena problem skrg
    seringkali kita mengambil jalan pintas mempercayakan kepada ketokohan
    di masyarakat yg kadangjkala sifatnya manipulasi, bukan tokoh
    masayarakat sebenarnya.
 (4) melibatkan isntitusi/lembaga yg komitmennya (netral dan bersih) tinggi
    dan masih menjadi panutan masyarakat. Dalam hal ini PTN/PTS setempat
    bisa dijadikan acuannya (misalnya, bisa juga pesantren atau lembaga
    masyarakat lain).

demikian, mudah2an berkenan.

salam
syaeful

--

http://www.its.ac.id

Ketua Umum: Rovicky Dwi Putrohari, rovicky[at]gmail.com
Sekjen: Senoaji, ajiseno[at]ymail.com
For topics not directly related to Geology, users are advised to post the email
to: o...@iagi.or.id