> Saya rasa kok tidak perlu ya? membuat badan hukum itu tidak mudah dan
> murah.

menurut saya juga begitu.. apalagi jika perusahaan merupakan masuk ke dalam
manajemen group... wah.. ribet urusannya.. kecuali kalau cuma membentuk divisi
khusus..
toh registrar2 di luar rasanya juga ngga ada yang terpisah..

> apakah Anda pemilik ISP? apakah dimilis ini ada yang memiliki ISP
> besar seperti CBN, Indosat, Telkom, Centrin, dll..? coba ditanggapi
> masalah 'gengsi' ini.

menurut saya rasanya kok ngga ada tuh gengsi.. yg ada beban tanggung jawab..
coba kalo ternyata gagal menjalankan fungsi sebagai registrar.. apa ngga malu..

> kenapa urusan 'gengsi' dipermasalahkan? kalo sama-sama menguntungkan
> kenapa mesti gengsi?
>
> yang perlu dipikirkan sekarang adalah:
> 1. prosedur + syarat jadi registrar
> 2. sistem registrasi domain .ID yang bisa FULL otomatis

Sayangnya kemarin saya tidak ikut NICE2004 yang membahas isu pembentukan
registrar ini.
Tapi dari slide yang saya dapatkan dari teman yang hadir.. sistem registrasi yg
akan diimplemetasi oleh IDNIC tidak FULL OTOMATIS (cmiiw).. Karena registrar
masih tetap mengirimkan dokumen yang diperlukan untuk domain yg diajukan
tersebut untuk memperoleh approval dari IDNIC boleh tidaknya domain tersebut
digunakan. Menurut saya, proses approval harus tetap dilakukan oleh IDNIC untuk
menghindari inkonsistensi aturan penamaan domain yang mungkin dilakukan oleh
registrar..

Mungkin yg full otomatis adalah (jika menggunakan model THIN Registry), adalah
update kontak. Dan sepertinya saya menangkap model THICK-lah yang akan
diimplementasi. Betul ngga Pak Budi?

Salam,
~ghie

Kirim email ke