Assalamu'alaikum wr wb
Salam sejahtera bagi kita semua...

Menurut saya apabila kita menginginkan keteraturan/penataan yang baik maka
hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat peraturan yang jelas dan
transparan tentang itu. Sehingga tidak akan terjadi kesimpang siuran dalam
hal penerapan aturan yang berlaku.
Kejadian yang menimpa sdr Irvan saya rasa dapat kita jadikan sebagai contoh
bahwa apabila ternyata ada larangan dalam menggunakan nama geografis atau
nama apapun alangkah lebih baiknya dituangkan dalam suatu peraturan. Kesan
yang dapat saya tangkap dari kasus tersebut adalah pihak yang berwenang
menerapkan peraturan yang berdasarkan pada perasaan bukan pada aturan-2
yang baku.
Saya rasa setiap hostmaster sebelum mendaftarkan domain client-nya minimal
sudah mengetahui aturan-2 yang telah dicantumkan di situs IDNIC. Jadi tidak
benar bahwa dia semata-mata hanya lebih mementingkan dapat duit dari clientnya.

Akhirnya, segala kesimpang-siuran ini tidak akan terjadi apabila ada aturan
yang baku dan sejelas-jelasnya yang dapat diikuti dan dijalankan oleh semua
orang yang berkepentingan.

Wassalamu'alaikum wr wb
-aa-