> Kejadian yang menimpa sdr Irvan saya rasa dapat kita jadikan sebagai contoh
> bahwa apabila ternyata ada larangan dalam menggunakan nama geografis atau
> nama apapun alangkah lebih baiknya dituangkan dalam suatu peraturan. Kesan
> yang dapat saya tangkap dari kasus tersebut adalah pihak yang berwenang
> menerapkan peraturan yang berdasarkan pada perasaan bukan pada aturan-2
> yang baku.

Ini bukan kasus pertama.
Masih ingat amazon.com?
Sampai sekarang komunitas tidak memberikan masukan kepada saya.

> Saya rasa setiap hostmaster sebelum mendaftarkan domain client-nya minimal
> sudah mengetahui aturan-2 yang telah dicantumkan di situs IDNIC. Jadi tidak
> benar bahwa dia semata-mata hanya lebih mementingkan dapat duit dari clientnya.

Are you sure? ;-)
Dulu waktu IP di Radnet memang benar demikian. ;-)
Bahkan tim Radnet sampai sempat mengajar (memberikan
training) kepada rekan-rekan hostmaster lain pada
sebuah pertemuan.

Banyak hostmaster yang tidak mengerti.
Masalahnya, hostmaster banyak yang berganti,
banyak ISP baru, dan ada juga hostmaster yang nakal.
Ada juga hostmaster yang terpaksa tunduk kepada
majikannya yang nakal (karena tuntutan bisnis).

> Akhirnya, segala kesimpang-siuran ini tidak akan terjadi apabila ada aturan
> yang baku dan sejelas-jelasnya yang dapat diikuti dan dijalankan oleh semua
> orang yang berkepentingan.

Masalah akan tetap muncul. Dijamin. ;-)