On Wed, Aug 14, 2002 at 09:31:00AM -0700, Carly sorensen wrote:
>      Nama jalankan hanya bagian dari alamat? Alamat dari Koran Kompaskan di
>      Jl. Palmerah Selatan No... Jakarta 10227. Bukan Jl. Palmerah
>      Selatan. Jl. Palmerah Selatan nomor berapa dan dimana?

Memang demikian. Dalam domain pun ada sub-domain dan directory.
Misalnya:
   - www.bank-abc.co.id
   - mail.bank-abc.co.id
   - www.bank-abc.co.id/tabungan
   - www.bank-abc.co.id/kartu-kredit
   - partner.bank-abc.co.id

dan seterusnya.
Sub domain bahkan dikelola oleh masing-masing pengguna domain itu
sendiri, tanpa perlu melaporkan ke IDNIC.

>      Lagian bikin nama jalankan tidak sembarangan, perlu Perda.

Maunya pemerintah memang begitu.
Nama domain pun maunya pemerintah pakai "Perda" lho?
Misalnya, ada yang mengusulkan pendaftaran nama domain harus
lewat lembaga sertifikasi resmi (seperti notaris, Kadin, Pemda).
Nah lo...

>      So... analoginya tidak benar tuh....

Masih bener ah...

>    Tentang pelonggaran nama domain, sebetulnya kami selalu terbuka.
>    Namun ternyata jika hal ini dibicarakan di darat dengan diskusi yang
>    panjang, ternyata hasilnya ya seperti ini lagi. Tidak intuitif memang.
>
>    Mo tanya aja:
>
>    Siapa-siapa aja sih yang ikut diskusi, kapan, dimana, dan ada nggak sih
>    rekaman diskusinya?
>    Nah kata Pak Budi Terbuka, ayo siapa-siapa yang diskusi, dimana....
>    Jujur lho Pak Budi.... dosa lo kalo ndak jujur.

Gini saja deh. Kalau ada presentasi dari saya tentang nama domain,
silahkan datang. Nanti bisa melakukan observasi sendiri.
Biasanya saya melakukan polling (hitung angkat tangan).
Dan ini sudah saya lakukan berkali-kali lho.

Demikian pula saya mengusulkan agar diadakan roundtable discussion
tentang domain (khusunya topik indikasi geografis), yang mungkin
bisa diorganisir oleh ISOC-ID. Demikian pula saya sudah usulkan
kepada lawyer amazon.com untuk datang dan ikut berdiskusi.
Silahkan...
Kalau perlu, saya nggak usah datang supaya bisa bebas tanpa ada
perasaan disetir.

Saya pribadi ingin agar indikasi geografis diperlonggar.
Namun tak kunjung ada dukungan dari publik.
Di milis kebanyakan setuju. Di darat, kebanyakan nggak setuju
(karena mungkin ketemunya dengan lawyer & birokrat sih ya?)