Dear All,

Saya pribadi mengusulkan untuk memisahkan IDNIC dari urusan Policy dan
urusan Komersial,
Untuk urusan komersial ada baiknya IDNIC menunjuk satu ato beberapa
Perusahaan untuk menjadi semacam registrar yang menarik dana dari pengguna
domain, memantain root DNS Server SLD secara bersama2 (diantara sesama ID
Registrar) dan IDNIC praktis hanya menjadi policy guard, dan rules maker.

Mungkin kalau mau di analogikan dengan kehidupan bermasyarakat seperti model
Trias Politica

Ada IDNIC yang berperan sebagai Dewan Yudikatif atau MPR , ada Registrar
yang berperan sebagai Eksekutif (tentunya karena tidak satu maka modelnya
seperti para gubernur dengan daerah / client nya masing-masing) dan ada juga
Milis ini yang dapat dianaloginya sebagai dewan legislatif (yang mana
anggotanya bisa perwakilan dari mana saja, selama mempunyai kepentingan
dengan IDNIC).

Regards,

Julyanto Sutandang
PT mVcommerce Indonesia
Sudirman Tower Lt. 16 Jakarta - Indonesia
Ph: 021-5201375, Fax: 021-5201376