On Fri, Mar 19, 2004 at 03:24:20PM +0700, Julyanto Sutandang wrote:
> Saya pribadi mengusulkan untuk memisahkan IDNIC dari urusan Policy dan
> urusan Komersial,
> Untuk urusan komersial ada baiknya IDNIC menunjuk satu ato beberapa
> Perusahaan untuk menjadi semacam registrar yang menarik dana dari pengguna
> domain, memantain root DNS Server SLD secara bersama2 (diantara sesama ID
> Registrar) dan IDNIC praktis hanya menjadi policy guard, dan rules maker.

Yup. Itu yang sedang kami kejar.

Beberapa hari yang lalu di dalam (internal) IDNIC dipresentasikan hasil
regitrar-registry process yang akan dipakai kedepannya oleh IDNIC.
Kata kawan-kawan sisi teknis sudah 95% siap.
Ini hasil yang cukup lama juga. Bukan pekerjaan yang ringan.

Setelah ini akan digodog aturan2 untuk registrar (misalnya bagaimana
melakukan determinasi penggunaan kata-kata yang tidak boleh, aturan
bila registrar melanggar aturan dll.)
Setelah itu presentasi terbuka (mungkin ke beberapa entity dulu).
Setelah itu dicoba melakukan screening terhadap beberapa entity untuk
menjadi registrar dan dijalankan.
Kami akan lebih fokus kepada policy dan menjaga database saja.
Persis seperti yang anda usulkan.

Namun semua ini butuh waktu dan kesabaran.
Untuk experimen sistem kami harus membeli satu server lagi, misalnya.
Karena keuangan kami terbatas, kami harus menghitung investasi.
Tapi kami sadar bahwa registrar-registry ini harus jalan.