On 8 Mar 2009 at 0:02, Dewa Gede Permana wrote:

> [...]
> kenapa dapat pasangan kog cantik tenan, kenapa kog
> dlsb.. dlsb.. itu semua pasti ada maksud &
> tujuannya. Itu yg kudu di googling, itu primary key.
> Kalo sudah ketemu ya tinggal dilakonkan dengan
> sebaik-baiknya dengan pandangan yg terang dan tdk
> meraba-raba dlm lautan kira-kira lagi. Disitu sudah
> tidak ada lagi menurut si ini - si itu lagi.
> Referensi sudah ada di dalam diri; bukan di luar
> diri, yang di luar semata hanya gangguan. Semakin
> banyak mereferensi ke luar ya semakin tersesat krn
> lebih percaya kepada makhluk daripada kpd khalik.

yang pernah saya baca dulu, imam al ghazali
pernah bilang bahwa sumber ilmu diperoleh dari
1. luar [inderawi, misal melihat/membaca; mengecap/merasa]
2. dalam [hati/qalbun]

beliau bertamsil, ilmu seperti air,
sebuah telaga adalah sebuah tempat yg berisi air dari beberapa anak sungai;

sebuah telaga yang didasarnya mempunyai mata air sendiri akan mampu
memenuhi wadahnya sendiri

apapun caranya, tentu tidak ada yang salah dengan telaga yang berisi air :D

btw,
kalau sudah pada taraf tidak butuh dari luar,
apa masih sempat nulis/mbaca imel2 begini ?

:D

sinung

> Sufi itu JALAN, bukan ngomongin tentang JALAN,
> tetapi ya JALAN... MLAKU... MELANGKAH... Itu bukan
> teori, tetapi praktek, nyebur, yg namanya kaffah
> (lahir-bathin, badan-ruh) ya begitu. Bukan
> tereak-tereak kaffah tapi masih tolah-toleh, itu
> namanya tidak yaqin. Makanya harus ada keselarasan
> antara cita-cita dan laku perbuatan. Selama masih
> ada konflik antara keduanya ini, wis dijamin
> penyakitan aja pokoknya.
>
> Setiap diri adalah sufi, lihat jari masing-masing.
> Banyak yg bisa di iqro dari situ, dan yg jelas bukan
> [...]

-- sig
Shofwan Al-Banna Choiruzzad
  Kemanusiaan. Keindonesiaan. Islam.
Ketiganya memaksa saya berpihak pada yang lemah dan tertindas.
http://maul-keren.blogspot.com/2009/01/surabaya-dulu-gaza-sekarang.html
-- sig