Yokhanan PRASETYONO wrote:
> 1. Test ke diri sendiri = cepat (under 10 secs)

Tuh kan bisa dibayangkan kalau kirim ke diri sendiri (lokal) saja butuh
waktu segitu. Belum kalau dikasih stress test. Bisa juga dilihat tuh di
spooler-nya berapa sih rata-rata yang ngendon disitu minta dikirim ke
tujuan.

Tadinya tanya kenapa kok saya bilang JELEK dan sudah saya jawab kan
meski tidak secara langsung. Saya berhak bilang JELEK karena memang
performance seperti itu bukanlah performance mailserver yang SAYA
HARAPKAN (opini boleh kan) apalagi mengingat harganya yang nggak bisa
dibilang murah itu.

Menurut saya yang bagus itu kalau kirim ke lokal begitu 'sent' ya sudah
langsung nyemplung ke mailbox tujuan (hampir seketika). Apalagi kalau
bisa kirim ke semua user juga bisa cuman sekedipan mata saja (tergantung
matanya siapa juga sih..uehe.he..).

Jadi sama sekali nggak perlu perbandingan soalnya kalau dibandingkan pun
pasti ujung-ujungnya dibilang kalau bandingin tuh mesti APPLE to
APPLE...blah.blah.blah...

Soal anda punya perhitungan atau kriteria sendiri untuk menilai mana
yang 'bagus' dan mana yang 'jelek' silahkan saja.