Yanmarshus wrote:

Kusmanto adalah seorang yang sangat mendukung gerakan free software.
Kusmanto menggunakan komputer dengan sistem operasi Freedos.
Kusmanto tidak menggunakan komputer dengan sistem operasi GNU/Linux.

Dengan contoh di atas, Kusmanto tidak tepat ikut dalam KPLI,
sebab persyaratannya adalah menggunakan GNU/Linux,
sedangkan Kusmanto tidak menggunakan GNU/Linux.

Apakah contoh dan kesimpulan saya di atas cukup tepat ?

Tepat sekali kalau kita bicara KPLI. :)
Meskipun masih ada abu-abu-nya, yaitu komunitas dalam arti luas
tidak hanya pengguna, tapi juga pengembang dan pendukung/simpatisan.

Catatan:
Saya menulis berdasar web, HowTo, wiki, dan kesepakatan2 yang ada,
bukan atas keinginan/selera pribadi semata. :)

Sebagai bahan bacaan selain www.linux.or.id lihatlah
www.li.org, www.linux.org, www.linux.com, www.tldp.org

Sebagai perbandingan, baca juga www.fsf.org dan www.opensource.org.

Dari semua bacaan di atas, akan terlihat jelas beda dan irisan2 antara
Linux, Free Software, dan Open Source Software.

Rus