On Sun, 21 Sep 2008 12:23:09 +0700
"Harry Sufehmi" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Sejauh ini setahu saya para aktivis KPLI, walaupun organisasinya jelas
> ada huruf "L" di tengahnya, tidak eksklusif membatasi diri pada Linux
> saja. Melainkan juga ada membahas Open Office, Gimp, Blender, games
> open source, dll.
>
> Dan pak Pataka juga sudah menjelaskan bagaimana dulu bahkan KPLI tidak
> segan-segan untuk acknowlegde komunitas FreeBSD
>
> Jadi walaupun namanya ada huruf "L" nya, namun semangat & kiprahnya
> tidak terbatas pada Linux saja. Sepak terjang KPLI selama ini terbukti
> bisa inklusif dan mencakup berbagai software open source lainnya juga.

Huruf "L" ini yang menjadi salah satu pertanyaan saya di awal thread ini.
Apakah memang mengacu pada nama kernel yaitu Linux,
atau yang dimaksud adalah pada semangat GNU/Linux (semangat free software)

Jika melihat pada tanggapan pak Harry di atas, "L" disini mengacu
pada spirit yang ada dalam GNU/Linux (semangat free software).
Jelas ini berdampak pada tidak ada lagi perbedaan antara pemakai GNU/Linux,
GNU/Hurd, Freedos, atau GNU/Tinux (jika memang ada :-)

Tapi ini menimbulkan konsekuensi bahwa slogan "Bhinneka Tunggal Kernel"
tidak punya tempat dalam KPLI.
Entah siapa yang kreatif menciptakan slogan itu, ada yang tahu?