Wa'alaikumsalam.Wr.Wb.

Mak Basri Hasan Yth.

Bukankah mak Basri orang sejarah ?.Kalau mengenai
sejarah dan bagaimana model khilafah,saya percaya
sekali mak basri sudah tahu akan hal itu.Dan bagaimana
dengan Hizbut tahrir,juga jangan tanya
kesaya,buku-buku dan di media massa bertebaran cerita
hal semacam ini.

Soal mo sama,mo beda model kepemimpinan antara islam
dan sekuler,masih perlu di pertanyakan.

Sebagai gambaran bayangan saya begini jawabannya :

Kepala sama hitam,rambut sama hitam,tapi pendapat
manusia berbeda-beda.Bisa jadi manusia mengatakan
tujuan yang sama,untuk kebaikan manusia,untuk kemajuan
ummat manusia,untuk kemajuan Islam,tapi cara dan jalan
untuk mencapai tujuan itu yang berbeda-beda.

Contoh kongritnya : Dua orang anak sama-sama bertujuan
sama,untuk membantu ortunya , salah satunya, Seorang
anak yang bertujuan membahagiakan ortunya,tapi dengan
jalan maling,mencuri,korupsi dsb..dsb..ia tetap
beralasan, : " Tohk..akukan mencuri ini demi untuk
kebaikan juga,buat bantu ortuku,biaya anak-anakku
dsb..dsb..? ".

Sementara anak yang satunya lagi juga bertujuan
sama,tetapi jalan untuk mencapai itu adalah jalan yang
di ridhai oleh Allah ta'ala.Jalannya murni,lepas dari
segala macam sifatnya maling,apakah tersembunyi,or
terang-terangan,ia bebas dari semua itu.

Dal hal ini tidak jauh beda dengan apa yang mau
dicapai oleh mereka-mereka yang mengatas namakan
Islam.: " kami lakukan ini juga demi islam,untuk
islam,tapi masih perlu di pertanyakan apakah jalan
mereka memajukan islam,sudah sesuai dengan ajaran
islam itu sendiri yag sesuai dengan Al Qur'an dan
Sunnah ? ( Manusia sering terjebak dan terperangkap
dalam masalah ini )

Kedua hal diatas sama beralasan,yang baik,..apakah
jalan keduanya dalam mencapai hal itu juga baik..?.

Untuk jawaban pertanyaan mak Basri sebagai seorang
yang intelektual,saya kira sudah cukup mengerti hanya
dengan apa yang saya ungkapkan diatas.

wassalam.Rahima.