Inilah yang saya khawatirkan adanya upaya-upaya untuk mencabut
      akar keagamaan (agama Islam ) dari budaya minang.
      Salah satu cara dari upaya proses kristnisasi adalah dengan menghilangkan
      hubungan antara agama Islam dan adat masyarakat minang  atau dengan
      jalan mempertentangkannya satu sama lain.

      Konflik terbuka (perang) sebagai tanda perlawanan rakyat dimulai
      dengan hal-hal yang sepele , Perang Diponegoro dimulai dengan
      sengketa tanah antara Antawirya dengan Belanda.

      Tapi  bukan  perkara  tanah  inilah yang menjadi sebab timbulnya
      perlawanan,  sengketa  tanah  merupakan  pemicu  bara  api  dari
      kemarahan atas kezaliman yang dilakukan oleh penjajah Belanda.

      Perang  Paderi  yeng  menyeret perang melawan Belanda disebabkan
      bukan karena sekedar praktek-praktek kemaksiatan masyarakat yang
      suka  berjudi,  sabung  ayam,  minuman  keras - yang menyebabkan
      keterlenaan  masyarakat  dan  penguasa  pada waktu - tapi karena
      timbulnya kesadaran pembebasan dari penjajahan.

      Para ulama yang sehabis pulang belajar dari Mekkah mereka saling
      bertukar  pikiran  dimana  selama  menimba  ilum berada di rantau
      (Mekkah)  banyak bertemu dengan alim ulama dari berbagai penjuru
      dunia sehingga timbul kesadaran akan pentingnya kemerdekaan.

      Perang paderi juga merupakan perang yang berskala nasional bukan
      saja  melibatkan  tentara  Batavia  tapi  juga dikirimnya Sentot
      Prawirodirjo  panglima  Pangeran  Diponegoro  yang  ditawan oleh
      Belanda,dikirim  ke  Sumatera  Barat untuk  memerangi kaum paderi
      yang ternyata berbalik memihak perang Paderi.

      Sejarah  tidak  cukup sekedar dinina bobokkan sebelum tidur tapi
      harus  dipelajari,  ukuran  kecintaan masyarakat terhadap pelaku
      sejarah  tidak  diukur  seperti  tambo-tambo  yang  tidak  jelas
      (dongeng  sebelum tidur) yang kerap beredar ditengah masyarakat,
      karena sejarah sendiri sudah memiliki catatan tertulis. Demikian
      halnya  perang paderi yang terjadi pada permulaan abad 19 dimana
      tradisi  tulis  menulis  sudah  mulai  membudaya dengan demikian
      budaya tambo ikut berakhir (penyampaian berita tidak lagi secara
      lisan).

      Wassalam

      Arnoldison

Tuesday, May 22, 2007, 11:22:10 PM, you wrote:

MS> Kembali saya ingin menarik topik ini ke masalah perang paderi.

MS> Pertanyaan  mendasar  saya,  apakah  memang Tuanku Imam Bonjol dan
MS> pentolan perang paderi ini memang merupakan pahlawan di hati orang
MS> minangkabau??

MS>   Lalu akan muncul juga pertanyaan-pertanyaan lain seperti..

MS> Pertama  kita  harus melihat, kapan Imam Bonjol ditetapkan sebagai
MS> Pahlawan  Nasional,  yaitu  pada  tahun  1973  berbarengan  dengan
MS> pahlawan-pahlawan  di  masa  VOC  sampai akhir abad 19. Lalu siapa
MS> yang  menginisiasi  pemerintah  pusat untuk menetapkan Imam Bonjol
> [...]

  • ... Arnoldison
    • ... mantari_sutan
    • ... boes
      • ... benni inayatullah
        • ... Adhi Saputra
          • ... benni inayatullah
            • ... Arnoldison
              • ... benni inayatullah
            • ... A Bandaro
          • ... Mantari Sutan
    • ... asfarinal, asfarinal, asfarinal, asfarinal nanang, nanang, nanang, nanang

Kirim email ke