Mak Boes yang terhormat..

sejauh yang saya pahami dari ayat tersebut adalah larangan Tuhan untuk
mengawini wanita yang telah bersuami. Namun Alloh menganjurkan untuk mengawini
budak-budak yang dimiliki untuk menghindarkan zina..itu terjemahan bebas saya..

poin yang ingin saya sampaikan bagaimana kita memahami "konteks" budak disini.
Kalau kita merujuk begitu saja ke ke ayat tersebut tentu kita masih
diperbolehkan untuk menjadi tuan dari beberapa orang budak (yang tentu manusia
juga). padahal dalam peradaban manusia sekarang derajad manusia adalah sama dan
tidak boleh ada manusia memperbudak manusia lainnya. Ayat ini kan turun ketika
budaya arab masih kental dengan perdagangan budak.

nah..inilah yang saya maksud menafsirkan ulang ayat tersebut dengan
mempertimbangkan asbabun nuzulnya, latar kehidupan sosial politisnya dsb untuk
disesuaikan dengan konteks kekinian. banyak lagi ayat yang seperti ini misalnya
pemahaman kelompok tertentu terhadap "ayat-ayat perang". dengan pemahaman yang
dangkal mereka menghalalkan untuk membunuh orang lain bahkan umat islam sendiri.

mungkin kita semua juga butuh penjelasan dari Mak Boes..

salam

Ben

boes <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
sanak Ben,

apakah ada suruhan di Alquran mengawinI budak?
(perhatikan akhiran "I" disini)

menurut apa yg saya baca bahwa perintah mengawinI/menikahI
itu adanya di surah 4:3 yg merujuk kepada 'anak yatim' berarti
para janda.

tolong berikan rujukan sanak yg mengatakan orang boleh
mengawini 'budak'.

mo kasih sanak

wassalam
boes

On Tue, 2007-05-22 at 21:04 -0700, benni inayatullah wrote:
> Pak Arnold..
>
> maksud saya tafsir bukan hanya terjemahan tapi menggali pemahaman atau
> "pesan" tuhan dalam ayat tersebut untuk dijadikan solusi menyelesaikan
> persoalan kekinian.
>
> kalau ditafsirkan secara lieterer saja sudah bermasalah..bagaimana
> kita akan mengawini budak sementara saat ini budak sudah tidak
> ada..kalau kita pahami begitu saja bisa saja kita cari budak lagi..dan
> kawinin..terutama dalam situasi perang

==dikuduang==