Assalamu'alaikum

Maaf ikut nimbrung

boleh boleh saja punya pendapat kalau untuk konsumsi pribadi, namun menjadi
tidak bijak kalau dilempar ke milis yang anggotanya punya latar belakang agama
yang beragam,
aturan agama itu sepengetahuan saya dibuat untuk dilaksanakan agar diri ini
terjaga dari hal2 yang tidak baik,  dan sama sekali bukan dilarang tanpa alasan
oleh Allah swt, kalau larangan itu belum bisa dimengerti atau dijalankan
minimal tidak mencelanya.

dilarang minum2, dilarang makan babi, dilarang berzina, apalagi yang
dilarang..? begitu banyakkah larangan yang kurang dari jumlah jari ini, bahkan
dilarang 1000 macam juga tidak jadi masalah, karena ada jutaan dan bahkan
miliaran yang diijinkan Allah....., dari sekian banyak rezeki yang kita
dapatkan apalah artinya kalau cuma dilarang beberapa hal saja.

dilarang memperjualkan anjing ya terima saja, lagipula bukannya memelihara
anjing akhirnya akan memberatkan karena setiap saat akan bersentuhan dan
ujung2nya menyulitkan untuk beribadah.

setahu saya agama itu sami'na wa atho'na mastatho'na (dengarkan kerjakan/taati
semampunya).
saya sarankan sanak Boes lebih pandai memilih kata2 dan tidak meremehkan agama
sendiri, agama ini saat ini sedang mendapat ujian dan kalau bukan penganutnya
yang menjunjung agama ini mau siapa lagi.

maaf kalau kurang berkenan, hanya sekedar pendapat.

wassalam
Adrisman Yunus

Hassi Messaoud (45-)