From: Rahima <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: [EMAIL PROTECTED] Dua Cara Merumuskan Kompilasi Hukum ABS SBK(beberapa kejanggalan di KHI 1991)
To: RantauNet@googlegroups.com
Date: Tuesday, February 5, 2008, 11:11 AM

Wa'alaikumsalamwarahmatullahiwabarakaatuh.

Maaf tidak saya kudung, untuk memudahkan kronologis
postingan saya ini

Alhamdulillah, kalau KHI 1991 sudah mulai
dipertimbangkan kembali. Sebagaimana yang pernah saya
sampaikan pada Bapak Syaf sebelumnya, ada beberapa
point yang isi dari KHI itu tidak sesuai dengan hukum
Islam, itu sebabnya saya berat masuk didalam perumusan
Kompilasi ABS-SBK, karena berat tanggung jawabnya
kelak di hadapan Allah, karena kita termasuk bahagian
dari yang membuat suatu hukum diluar hukum yang telah
ditetapkan oleh Allah Subhanahu Wata'ala.Kalau bagi
saya Al Wala, dan Al Bara lah dipakai kalau kita dah
menyampaikan hal ini.(Saya berlepas diri kalau hal ini
masih dipakai, dan akan mendukung setiap kebenaran
yang sesuai dengan AlQuran dan Sunnah Rasulullah).

Setelah saya mengetahui, dari beberapa buku terbitan
dan berbahasa Indonesia(maaf karena masih diwarnet,
lupa saya menyebutkan nama buku tersebut, dan kalau
saya lihatpun, harus saya baca ulang, dibuku mana yang
saya baca itu, sementara sudah 2 minggu ini lebih dari
7 judul buku dah saya garap, bingung di buku mana
terdapat kritikan terhadap beberapa orang yang
menyusun KHI 1991, yang berfaham Liberal, atau berasal
dari JIL). Saya baru sadar setelah baca buku tersebut,
pantaslah sebelum pulang ke Kairo, saat Pak Syaf
mengirimkan file KHI 1991 itu ke saya, saya telah
mencoret-coret yang saya kira itu bertentangan dengan
hukum Allah sendiri, hanya saya heran, bukankah yang
menyusun disana para ustadza/ah ada yang prof, Dr.MA,
kenapa bisa sampai tidak memperhatikan hal ini?(ini
pikiran saya dari sebelum ke Indonesia)

Saya sebagai orang yang merasakan ngak pas, langsung
aja bilang ke Pak Syaf kala itu, kalau ada beberapa
hukum KHI 1991 yang bertentangan dengan hukum
Islam.Dan salah satunya mengenai warisan, kalau saya
ngak salah disana ada warisan pengganti istilah KHI,
untuk anak angkat. Jadi anak angkat mendapat warisan
sepertiga maksimal, meskipun tidak diwasiatkan oleh
ortu, sementara hukum Islam, anak adopsi(angkat),
tidak mendapatkan warisan sama sekali, kecuali harta
yang diberikan secara wasiat, atau hibah, karena bukan
nasab(keturunan), bukan pula musaharah(karena
perkawinan)bukan pula karena membebaskan budak.Tiga
hal itu yang menyebabkan orang dapat harta warisan.

Kemudian masalah warisan juga, dikatakan disana, cucu
mendapatkan warisan dikarenakan pengganti tertinggi
dari ayahnya yang telah meninggal(kalau ngak salah
istilahnya), padahal dalam islam cucu ngak dapat
warisan dari kakeknya sepanjang ada anak lelaki dari
kakek tersebut, karena itu dalam hukum warisan sang
cucu dinamakan mahjub(yang terhalang), dan yang
menghalanginya adalah anak laki-laki(Al Haajib)(yaitu
adik, atau abang dari ayah sang cucu tersebut, yang
mana ayah dari cucu tersebut telah meninggal,
maksudnya adalah saudara dari ayahnya sang cucu tadi
), nah oleh KHI 1991, agar sang cucu tadi tetap dapat
warisan dari kakeknya, karena ayahnya telah meninggal,
maka dibuatlah hukum baru yaitu pengganti warisan
tertinggi.

Begitupun masalah pernikahan, disana disebutkan bahwa
seorang suami haruslah meminta izin pada sang istrinya
bila akan menikah lagi, kalau ngak minta izin, maka
bila meningal sang suami, maka istri yang lainnya(yang
tidak minta izin istri pertama tadi), tidak berhak
mendapatkan warisan.

Sementara dalam Islam sendiri, seorang suami tidak
disyaratkan minta izin istri pertama kalau menikah
lagi, izin atau tidak izin, pernikahannya tetap sah,
tetapi kalau memberitahukannya mungkin itu lebih
baik.Kemudian sang istri yang lainpun mendapatkan
warisan bila suami mereka meninggal, pembagian mereka
dibagi rata(para istri), kalau yang meninggal ada
anak, maka sang para istri berbagi harta
seperdelapannya, bila yang meninggal tadi tak ada
anak, maka seperempatnya. dari seperempat harta itulah
para istri berbagi sama rata.Dan ada beberapa yang
lain, sayangnya coretan itu hilang, itu yang saya
ingat.

Nb. Pak Syaf, saya minta tolong buku dari hasil
seminar kemaren disisakan saja untuk saya, nantik saya
minta tolong dikirim ke alamat kakak saya di jakarta
saja, terlalu susah kalau Bapak mengirimkannya ke
Kairo. Meskipun begitu, saya berterimakasih banyak
atas tawaran Bapak hendak mengirimkannya ke Kairo.
Mudah-mudahan Allah membalasinya, nantik yah Pak, saya
kirim alamat kakak saya yang di Jakarta.

Wassalamu'alaikum. Rahima. Kairo 5 Pebruari 2008

Website: http://www.rantaunet.org