Mak Ngah, semoga Mak Ngah diberi kesehatan. Ambo mohon
maaf, ada hutang yang belum kebayar sama mak Ngak.
Bukan apa-apa, karena belum bisa menjawabnya secara
keilmiyahan.lagi sedang dicari. Mak Ngah kalau
memberikan pertanyaan luar biasa hebatnya.

Mengenai sistem matrilineal dalam Minang, benar
seperti kata Mak Ngah, tidakkan mengkafirkan orang
Minang bagai doh. Bahkan Islam sangat memuliakan
perempuan ketimbang lelaki, tetapi sellau dalam
konteks yang benar.Tidak ada rasanya bangsa lain yang
memuliakan perempuan selain di Minangkabau ini.

 Hanya saja, saya khawatir, dan kekhawatiran itu bukan
ngak beralasan, sebab saya menijaunya dari sikap
Minangkabau terhadap harta pusaka tinggi, sikap kita
seharusnya jangan semacam Kaum yahudi, atau Nasrani
yang berlebih-lebihan terhadap agamanya.

Sikap kita hendaknya jangan sampai semacam kaum
Jahiliyyah yang memberikan semua hartanya pada lelaki.
Sementara kita adat di Minang ini, harta pusaka tinggi
jatuh pada garis keturunan pihak ibu saja, apa bedanya
kita dengan kaum Jahiliyyah sebelum Islam datang,
kalau begitu dari sisi substansinya, meski garisnya
saja yang lain, jahiliyah garis lelaki saja, kita,
garis Ibu saja.

Tidak ada hukum waris yang jauh lebih baik, lebih
adil,lebih memandang jauh kebelakang selain hukum
waris dalam Islam, yang telah ditetapkan oleh Allah
Subhanahu Wata'ala.

Soal bagaimana kaum Minang memuliakan perempuan dari
sisi kaum lelaki bisa mengalah, dan ini saya lihat
berdampak pada baiknya kaum lelaki, (tetapi setiap ada
dampak positif, tentu ada pula dampak negatifnya, baik
terhadap kaum lelaki, ataupun perempuan itu sendiri).

Saya selama ini cukup mengenal banyak kaum lelaki
Minang, luar biasa baiknya(mungkin ini juga penyebab
saya memilih menikah dengan lelaki Minang, bagaimana
cara penghormatan terhadap istri, pengalah, sabar,
tanggungjawab yang tinggi, dan segala macamnya, dan
itu bukan satu dua lelaki yang saya kenal
dekat,sampai-sampai saya berfikir, apakah ini dampak
positif dari sistem Matrilinial tersebut? makanya
dalam masalah ini, saya cukup mendukung.

Yang saya tidak dukung adalah yang saya lihat
bertentangan dengan ajaran islam yang telah
jelas-jelas ada ketentuannya dari Allah dan RasulNya.

lantas, okelah, kalau memang sistem kita ini tidak
menjadikan orang Minang sampai kafir, bisa bahaya
kalau kita katakan kafir, Allah malah marah besar
mengatakan seseorang kafir, apalagi suatu kaum tanpa
keterangan dari Allah ta'ala, atau rasulNya.Tetapi
bukankah Allah menyuruh kita hambaNya untuk masuk
dalam Islam secara kaffah dalam firmanNya:" Wahai
orang-orang beriman, masuklah kamu dalam agama islam
secara keseluruhan, dan janganlah kamu sampai mati
kecuali kamu dalam keadaan Islam".

Jangan sampai pula kita sebagaimana yang digambarkan
Allah dalam firmanNya:" Apakah kamu mempercayai
sebahagian kitab, kemudian mengingkari sebahagian
lainnya, lantas apakah balasan orang yang berbuat
semacam itu, selain kehinaan didunia, dan kelak dihari
kiamat akan dikembalikan kepada azab yang sangat
pedih".

Saya sangat bersyukur sekali terhadap tanggapan dari
sanak Bagindo, bahwa pada hakikatnya mengakui secara
hati nurani, bahwa adat Minang, masalah harta pusaka
tinggi yang jatuh pada garis keturunan ibu, diakui
dari dalam hati nurani yang terdalam, tidak sesuai
dengan hukum Islam. Alhamdulillah sekali. pengakuan
itu sangat perlu, walau yah..mungkin masih merasa
berat untuk mengakuinya secara terang-terangan, atau
bahkan ada juga yang mungkin merasa gengsi, atau
apalah namanya.Yang pentingkan apa yang ada didalam
hati dulu, yang diluar hati bisa menyusul belakangan
meskipun lambat laun.

Wassalamu'alaikum. Rahima.

--- hambociek <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Mak Sati,
>
> Ambo raso-raso (rosok-rosok) lo go ah, mungkin ambo
> manyonsang
> aruih. Matrilineal indak ka mangapiakan Urang
> Minangkabau doh.
> Bahkan subaliakno, dalam konsep Matrilneal ko lah
> Urang Minangkabau
> tampakno labiah salangkah labiah maju mandahulukan
> mamuliakan Kaum
> Ibu, manganggap Sarugo di Bawah Tapak Kaki Bundo.

Looking for last minute shopping deals?
Find them fast with Yahoo! Search.
http://tools.search.yahoo.com/newsearch/category.php?category=shopping

Website: http://www.rantaunet.org
- Mematuhi Peraturan Palanta RantauNet, lihat di
menyampaikan komitmen akan mematuhi Peraturan yang berlaku.
jalur pribadi.