--- [EMAIL PROTECTED] wrote:

> [...]
> dari kini den kecekkan
> ka waang, indak ado hak waang dirumahko doh" dan
> ambo wakatu itu satuju jo
> ikhlas. nan jadi pertanyaan ambo ba'a pulo kedudukan
> amanaik rang gaek
> amboko dalam Islam ?
>
> Untuk mamak2 nan lain, mak bandaro labiah, mak Azmi,
> mak datuak endang,
> mohon pitunjuak juo, kiro2 nan ambo tulih diateh jo
> amanaik keluarga ambo
> bisa dijadikan   ilustrasi untuak harato pusako
> tinggi, dan amanaik rang
> gaek amboko bisa jadi ilustrasi mambuek pusako

Wa'alaikumsalamwarahmatullahiwabarakaatuh.

Pertanyaan yang sangat bagus sekali. Bukak kulik,
tanpak isi.

Pada hakikatnya pada isi pertanyaan kedua, bisa
menjurus pada isi pertanyaan pertama, kalau saja
setelah sang ayah mengamanahkan(mewasiatkan) kepada
sanak darwis bahwa satu-satunya rumah peninggalan
untuk ke 6 saudara perempuan sanak.Apakah mungkin asal
muasal dari isi pertanyaan pertama bersumber dari awal
kisah isi pertanyaan kedua?(kita lupakan tanah Ulayat,
karena tanah Ulayat bukan masuk dalam kedua pertanyaan
diatas, ini saya tekankan agar tidak menyinggung tanah
Ulayat yang didapat begitu saja oleh beberapa kaum,
atau suku).

Sebelum saya menjawabnya: saya ingin dijelaskan dulu:
1. Apakah sang ayah memberikan amanah, atau wasiat itu
disebutkan untuk ke 6 anak prnya sebagai harta
warisannya kelak, atau sebagai harta hibah kepada ke 6
anak padusinya.
2. Apakah harta hibah itu sudah dibagi-bagikan ketika
masih hidup sang ayah(maksudnya, sudah ditentukan ini
kamar utk si Anu, Ani, Ana, ataupun berbentuk
dijadikan semacam bentuk uang, kalau dijual rumah ini,
kira2 harganya sekian, maka masing2 ke 6 anak dapat
sekian2, kalau masing2 6 juta, lantas agar rumah itu
kekal, yang si Ana ingin menempati rumah tersebut,
maka si Ani dan si Anu digantikan dengan uang.

3. Ataukah kelak, rumah itu tetap begitu adanya,
sampai ayah wafat, rumah untuk ke 6 anaknya, ngak
dibagi-bagi, dibiarkan begitu saja, sehingga rumah itu
milik ke 6 anak pr, yang mana kelak, yang berhak juga
menerima peninggalan dari rumah itu adalah anak-anak
perempuan (saja) dari keturunan yang anak ke 6 tadi?

4. Dan kemungkinan-kemungkinan lain yang akan terjadi,
nan saya lihat, harta pusaka tinggi di Minang sampai
berbuntut kepada pagang gadai yang bertahun-tahun,
karena ngak bisa dijual, akhirnya digadaikan saja
sampai tahunan hitungannya, dan ini terjadi pada
inyiak aki ambo, dia ngak bisa jual tanahnya, karena
itu pusaka tinggi, tetapi ia gadaikan seumur hidupnya,
sampai keturunannya, siapa yang bisa menebusnya, maka
tanah yang digadaikan itu milik sang penebus, itupun
tak pula boleh dijual. Bila dijawab hal ini,
insyaAllah akan saya jawab kedua pertanyaan diatas.

> Untuak nan lain2 masalah tabuik, kawin sasuku, baitu
> juo harato pusako,
> saran ambo ka sanak rahima, pelajari bana dulu
> adaiktu sacaro mandalam,
> sasudahtu buliah sanak mangecek itu ndak sasusai jo
> islam, jan manjadi
> fitnah beko karano ketidak tahuan awak.
> Karano nan sanak tahu baru "KATANYA", "SAYA DENGAR"
> "DARI DISKUSI", tapi
> sudah di klain ndak sasuai jo islam.

Untuk yang tabuik, kawin sesuku. saya rasa masalah
Tabuik dah saya jelaskan sebelumnya. Saya harus
mempelajarinya dulu, lihat apa tujuannya, kenapa
diadakan hal tersebut, untuk apa dan bagaimana
pelaksanaannya. Apakah ia dengan membuat patung, trus
diceburkan kesungai, atau bagaimana, saya ingin betul
tau bagaimana pelaksanaanya, kemudian tujuannya apa,
kalau ditinjau dari pelaksanaannya semacam membuat
bunga, dicemplungkan kelaut sebagai tanda suka cita
kepada Husain, ini semacam apa yah..kayak sesajean di
jawa itu, dan sesajean itu syirik lho. Atau dia
semacam perbuatan kaum Syi'ah saking cintanya kepada
Husain, diadakan acara semacam itu, bukankah sudah
disebutkan"man tasyabbaha biqaumin fahuwa
minhum"(Barang siapa yang menyerupai adat suatu kaum,
maka ia termasuk dari kaum tersebut).

Masalah kawin sesuku, saya rasa dah kita diskusikan
dulunya. Pertanyaan saya, kenapa dilarang kawin
sesuku, dan kenapa sampai mendapatkan sanksinya,
apakah ada Islam melarang kawin sesuku(kalau memang
halal lho), dimana dalil pelarangannya.

Dan kalau ini dikatakan masuk bagian dari pembagian
dari adat nan diadaikkan, atau masuk kategori adat
apalah..bagi saya memang itulah yang saya kritik tak
sesuai dengan islam, kalau ia masuk bagian adaik nan
diadaikkan, yang adaik nan diadaikkan itulah yang saya
katakan tak sesui dengan Islam, dan bukan sembarang
bicara apa-apa yang saya sebutkan diatas, tetapi
benar-benar setelah saya pelajari dalam Islam, makanya
saya cukup berani menyampaikannya. Ok.

Wassalamu'alaikum. Rahima.

> Sebaiknya "SETELAH SAYA PELAJARI DARI BERBAGAI
> SUMBER" ternyata adat
> minangkabau bertengtangan dalam Islam, boleh lah
> mengklaim seperti ini.
>
> Sapendek nan ambo tahu adat minangtu banyak
> tingkeknyo, Adaik nan sabana
> adaik, adaik nan diadaikkan dll.
>
> Kok ado nan salah tolong ajai ambo.
>
> Salam
> Is St Marajo 39+
> www.cimbuak.net
> Kampuang nan jauah dimato dakek dijari

> Looking for last minute shopping deals?
> Find them fast with Yahoo! Search.

http://tools.search.yahoo.com/newsearch/category.php?category=shopping

http://www.yahoo.com/r/hs

Website: http://www.rantaunet.org
- Mematuhi Peraturan Palanta RantauNet, lihat di
menyampaikan komitmen akan mematuhi Peraturan yang berlaku.
jalur pribadi.