Wass. Kalau menurut survei, hanya 6% pemilih di Sumbar 2 yang mengatakan bahwa
pemberian (dana, barang, etc) dari caleg sbg alasan memilihnya sebagai sesuatu
yang wajar. Sisanya, 94% menganggap tidak wajar. Jadi, masyarakat Minang sangat
sehat secra politik. Di Riau dan Jawa Barat lebih tinggi yang menganggap wajar.

Tetapi memang, sekalipun sedikit, "masyarakat politis" yang 6% ini yg paling
aktif. Mrk akan mencari caleg manapun, untuk digarap. Pengalaman saya sih,
kalau masuk ke suatu daerah yang sudah ada caleg yang mereka dukung sikapnya 2:
(1) memblejeti kita dan (2) mengatakan baik-baik bhw mrk sudah punya pilihan.
Tp pengalaman ini sedkit sekali.

Intinya, saya tidak percaya orang Minang memilih krn uang.

Wass.

Indra