--- Pada Sel, 23/2/10, Ahmad Ridha <ahmad.ri...@gmail.com> menulis:

Dari: Ahmad Ridha <ahmad.ri...@gmail.com>
Judul: Re: Bls: [...@ntau-net] Manga musti harus diubah?
Kepada: rantaunet@googlegroups.com
Tanggal: Selasa, 23 Februari, 2010, 2:23 AM

2010/2/23 Zulidamel Badri <zulida...@yahoo.co.id>:

> Kalaupun ada yang ingin memberikan lebih pada anak wanitanya karena orang
> minang memuliakan kaum
> wanita itu masih dapat dilakukan dengan aturan amanah.

Pak, kalau kita bicara waris, yang saya pahami tidak boleh ada wasiat
untuk ahli waris, sehingga orang tua tidak dapat mewasiatkan agar ada
anak yang dilebihkan bagiannya.  Yang boleh dilakukan adalah setelah
harta warisan dibagi sesuai dengan aturan syari'at, silakan jika ada
yang ingin merelakan bagiannya untuk ahli waris lain.  Dengan demikian
tidak ada pihak yan terzhalimi haknya.

Jadi memang pertanyaannya adalah, apakah sebenarnya konsekuensi
konkret matrilineal?  Barulah kita bisa bicara apakah ada yang
bertentangan.

--
Abu 'Abdirrahman, Ahmad Ridha bin Zainal Arifin bin Muhammad Hamim
(l. 1400 H/1980 M)

      Berselancar lebih cepat. Internet Explorer 8 yang dioptimalkan untuk
Yahoo! otomatis membuka 2 halaman favorit Anda setiap kali Anda membuka
browser. Dapatkan IE8 di sini!