Dinda Riri;

Saya bungsu dari dua bersaudara, dan adik dari bunda yang dinikahi ayah setelah
Ibu saya wafat ketika saya berumur 9 bulan, tidak ada yang bernama "Ciat".
Tetapi kalau adik dalam tanda petik :) yang saya ceritakan itu, namanya memang
mirip-mirip itu :), dan nama yang "beken" di kalangan anak-anak muda di
Padangpanjang ketika itu :) dan sudah almarhumah tahun 2008 yang lalu :(.

Ayahanda saya semasa hidupnya bergelar Dt Bandaro nan Bauaban dan agak dituakan
masyarakat Padangpanjang ketika itu. Beliau pernah menjabat Ketua Masyumi dan
di pemerintahan sebagai Wkl Ketua DPD (kurang lebih setingkat wakil walikota).
Ketika terjadi peristiwa PRRI ayah `masuk hutan' dan baru `turun' setelah
Presiden Soekarno memberikan amnesti dan abolisi kepada yang ikut PRRI.

Saya dibesarkan oleh bako saya yang tidak mempunyai anak dari pernikahannya
dengan Bapak sementara Bapak hanya punya tiga anak perempuan dari pernikahannya
yang terdahulu, dan membesarkan saya dengan penuh kasih sayang. Bapak juga
cukup dikenal masyarakat Padangpanjang karena….pekerjaannya sebagai penjual
susu :), yang mengantarkan susu kepada para pelanggan dengan menggunakan
gerobak susu menyusuri jalan-jalan di Padangpanjang. Ketika kecil saya sering
ikut bapak sehingga saya lebih dikenal sebagai "anak pak tukang susu" :).

Dalam rangkaian catatan perjalanan haji yang pernah saya kirimkan ke sini tahun
2003 yang lalu saya antara lain menulis mengenai beliau mengenai perasaan saya
ketika sedang bertawaf.

"….tangis saya semakin tidak tertahankan, ketika mendo'akan dan teringat  jasa
almarhum ayah dan bunda saya serta  jasa almarhum bapak dan ibu, yang
menjadikan saya anak mereka ketika saya menjadi piatu saat berusia sembilan
bulan dan membesarkan saya dengan penuh kasih sayang, dan kalau bukan karena
didikan mereka, mungkin saya tidak akan berada di sana saat itu. "

Wassalam, HDB-SBK (67-)
Asal Padangpanjang, tinggal di Depok, Jawa Barat