Mokasih nanda Tan Mancayo.

Saya terakhir bertugas ke Sumbar akhir 2004 menjelang berakhirnya program
Perform tempat saya bekerja sejak program tersebut bernama CLEAN Urban. Sebagai
 penanggung jawab sebuah sub-program di kantor nasional, saya secara berkala
mengunjungi provinsi-provinsi mitra kami, termasuk Sumbar. Di akhir tahun 2004
itu pula saya mengajak orang rumah dan kedua anak gadis kami melihat kampung
halaman papa mereka (kisah perjalanan itu pernah saya kirimkan ke sini dan
pernah dilewakan juga oleh dinda Erwin di Situs Cimbuak). Di Bukittinggi ketika
itu kami juga menginap di Novotel yang masih bernama Novotel.

Dengan demikian saya juga belum pernah menggunakan bandara Minangkabau. Ingin
tentu saja melihat bandara kebanggaan urang awaktu. Mudah-mudahan masih dapat
terlaksana, apalagi bungsu kami Ira   Insya Allah akan disunting oleh anak
Bukittinggi. Ira dan abangnya anak kami no dua Anton, menurut mamanya yang
orang Sunda, adalah anak kami `yang paling padang' :). SWGL?, "karena paling
pintar ngomong dan acok nan kalamak dinyo so" :). "Anehnya" :), mereka berdua
adalah………yang wajahnya paling mirip dengan saya :) :). Orang rumah saya memang
fasih berbahasa awak, belajar dari alm mertunya dulu yang juga mengajarinya
masak masakan Minang. Kadang-kadang kalau ada yang perlu dirahasiakan kepada
anak-anak kami ngomong bahasa awak, eh akahirnya mereka tahu juga artinya :).

Saya banyak kenangan juga mengenai Gumarang yang menguasai blantika musik di
Indonesia di akhir 1950-an dan awal 1960-an. Malah saya pernah menonton mereka
`live' di hotel Savoy-Homann Bandung tahun 1959. Insya Allah kalau umur panjang
saya tulis oret-oretan singkat mengenai grup kebanggan orang awak itu.

Wassalam, HDB-SBK (67-)
Asal Padangpanjang, tinggal di Depok, Jawa Barat