Pepatah dan petitih minangkabau itu bersandar kepada filsafat 'alam
takambang jadi guru', dan berdimensi 'tidak lekang oleh panas dan tidak
lapuk oleh hujan', yang artinya "kekal". Sesuatu yang kekal tentu harus
disandarkan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan masuknya islam ke minangkabau
maka timbullah kata kata kitabullah (kitab Allah).
Sebutan Tuhan dengan nama Allah ini pertama kali dibawa oleh nabi Ibrahim.

FM st. sampono