Dear rekan2,

Terinspirasi oleh bbrp artikel mas Fajar dan juga situasi yang 'mendukung'
di Semarang, maka kami memutuskan migrasi.

Beberapa waktu lalu, saya melakukan migrasi nyaris semua PC dari win ke
Mandriva 2007. Aplikasi DOS bisa jalan pakai Dosemu & samba.

Ada 1-2 email dari rekan tgl 23/8 yg sharing cerita ttg masalah yang
terjadi saat migrasi aplikasi DOS dengan DOSEmu 1.4.0.0 & samba. Waktu itu
saya belum sadar dan yang penting bisa pindah dan program jalan tanpa error.

Namun skrg baru saya mengetahui bahwa saat melakukan data entry, ada
sebagian data yang 'tidak masuk' ke database (*.dbf). Misal ada entry 10
faktur, paling yg masuk beres 8 faktur. Yang 2 ngaco sebab cuman masuk di 2
file, yg 1 entah kemana.

Tidak ada error lagi pada program (force create mode & force directory mode
di set 0755). Namun data jadi semrawut.

Berikut cuplikan dari setting samba saya di file share server (ditambahkan
dari /etc/samba/smb.conf standar).
[Global]
locking = no
dos filetimes = yes
lock spin time = 15
lock spin count = 30
force create mode = 0755
force directory mode = 0755
force user = permesis

di section share, saya tambahkan berikut:
[APLIKASI]
dos filetimes = yes
delete readonly = yes

Untuk DOSEmu, saya pakai versi 1.4.0.0 tanpa modifikasi apapun di
dosemu.conf sebab tidak tahu apa yang harus diotak atik.

Apakah mungkin sebuah folder bisa share dengan samba dan NFS secara
bersamaan? Jadi linux pake NFS dan bbrp win pake samba?

Apa tambahan baris perintah automount yang full RW dengan NFS di
/etc/fstab? Maklum baru sampe samba otak atiknya.

Apakah dengan NFS bisa lebih mengurangi masalah? Bila memang ini
masalahnya, maka apakah dg mencabut win dari jaringan akan menyelesaikan
masalah? Pas saya simulasi entry dari bbrp PC linux ya tidak ada masalah.
Tidak ada yang hilang. Kalo memang win bawa masalah ini, gak masalah saya
cabut, toh win tinggal dikit dan fungsi utamanya hanya SPSS. Misal ada
gantinya yg compatible di linux, boleh bagi dong (sorry OOT).

Mohon bantuan rekan2 yang pernah melakukan migrasi semacam ini. Rasanya
aplikasi dg DB beneran tidak sepusing ini. Yah hikmahnya jadi bisa belajar
filesharing yg sebelumnya bener-bener gak kesentuh sampe begini.

TIA
Iwan Prasetyo
___
*puyeng migrasi dg emulator*