> wah iredmail ? baru denger nih :)
> Kalau untuk membuat mail server, yang perlu di kordinasikan dengan pihak ISP
> kira2
>
> - Apakah saya mendapatkan ip publik atau tdak ? Jika tidak terpaksa minta
> sama ISP
>
> - Kalau sudah punya ip publik, apakah ISP tersebut ngeblok port 25 atau tidak
> ?
> bila iya terpaksa me relay email ke mail server ISP tersebut (itupun kalau ISP
> tersebut mengijinkan).
>
> - Tanyakan juga apakah PTR record untuk ip kita dipegang oleh ISP atau
> [...]

Trims Pak..
kondisinya adalah sebagai berikut :

Saya mendapatkan IP public, dan pihak ISP membuka port 25. Yang saya
bingungkan adalah bagaimana cara agar email tersebut dikenali dari
luar. Misalkan, saya ingin memakai domain abc.com, hal yang sudah saya
lakukan adalah membeli domain abc.com tsb melalui Pandi. Nah,
selanjutnya apa yang perlu saya lakukan pak? Saat ini yang saya
lakukan adalah membuat dns di server mail saya, namun beberapa teman
saya bilang agar saya menggunakan dns yang disediakan oleh ISP, mana
yang lebih baik? apa ada rujukan membuat dns server sendiri?

Note : Saya menggunakan Centos 5.4

Untuk Iredmail saya memang baru baca-baca saja, belum
meng'implementasikan, saya cukup tertarik dengan fitur2 yang
disediakan setelah saya coba live demonya di
http://iredmail.org/admin_demo.html apa ada saran lain pak sebelum
saya implementasikan iredmail di server saya?

Untuk PDC akan saya kirimkan japri ya Pak seperti Pak Joe dan Pak Dai

Salam,
Matthew