2010/1/28 lindu cipta <li...@inbox.com>:
> Benar, biasanya kalau dedicated FO dapat 4 Ip public, Kalau setting IP
> langsung saja di IP addressnnya, kalau DNS server hanya merubah nomor address
> menjadi nama yang bisa diingat. seperti 202.129.226.199 menjadi lindu.com,
> kalau di linux di setting di Ipaddress dan BIND NAMED(Namdi).
> Biasanya Diserver terdapat 2 buah Lan Card yang satu untuk Ip Public dan satu
> lagi untuk Private address, setting pat dan nat. BTW Routernya apa ?
> Kalau ingin lebih murah dan gampang saran saya Collocation dan VPS. Karena
> tidak perlu setting router, IP Public, setting pat dan nat, terima beres.
> [...]

Saat ini router di tempat saya menggunakan cisco 2600 Pak. Yang
disetting oleh orang network disini, dan saya diberikan satu IP public
untuk mail server, yang sampai saat ini saya masih tutorial mail
server.

Btw maksudnya kalau kita Collocation itu berarti kita hosting di
tempat lain kan Pak? kalau iya berarti apa yang perlu kita setting di
mail server pak? Bukannya kalau kita hosting di tempat lain kita hanya
perlu mensetting client saja? CMIIW

Sori Pak, ini pengalaman pertama saya membuat mail server, jadi masih
rada bingung

Salam,
Matthew