On Thu, Jan 28, 2010 at 09:21:34AM +0700, Matthew Hezekiel wrote:

> [...]
> kondisinya adalah sebagai berikut :
>
> Saya mendapatkan IP public, dan pihak ISP membuka port 25. Yang saya
> bingungkan adalah bagaimana cara agar email tersebut dikenali dari
> luar. Misalkan, saya ingin memakai domain abc.com, hal yang sudah saya
> lakukan adalah membeli domain abc.com tsb melalui Pandi. Nah,
> selanjutnya apa yang perlu saya lakukan pak? Saat ini yang saya
> lakukan adalah membuat dns di server mail saya, namun beberapa teman
> saya bilang agar saya menggunakan dns yang disediakan oleh ISP, mana
> yang lebih baik? apa ada rujukan membuat dns server sendiri?

Membuat dns server sendiri juga baik, namun kalau bandwidth yang kita
beli dari isp tidak ingin dibebani lagi dengan bandwidth udp untuk trafik
dns mending pakai jasa dns yang ditawarkan oleh ISP. Dan enaknya kita bisa
minta agar ISP membuatkan reverse dns lookup untuk ip public.

Alternatif lain pakai dns gratisan dari everydns dan sekali lagi kalau ISP
baik hati kita minta dibuatkan reverse dns lookup dari mereka.

Saya punya catatan setup dns dengan djbdns, rencana mau diupload ke blog
tertunda-tunda terus. Kalau mau nanti saya kirimkan catatan kasarnya.

Berdasarkan pengalaman setup mail server, ada beberapa jenis yang pernah
saya install:

1. Mail server stand alone, untuk ini ketersedian koneksi internet 24x7 jam.
2. Mail server stand alone dengan mail server bakup. Mail server ini
   tidak mutlak untuk konek 24x7 jam karena ada mail server bakup yang
   senantiasa online 24x7 jam.
3. Mail server offline, untuk ini mutlak ada mail server isp atau provider
   hosting yg online 24x7 jam yang akan menerima mail untuk domain kita.
   Mail server offline ini akan menarik email dari mail server isp/provider
   dan sekaligus kirim email saat dia online.

> Note : Saya menggunakan Centos 5.4
>
> Untuk Iredmail saya memang baru baca-baca saja, belum
> meng'implementasikan, saya cukup tertarik dengan fitur2 yang
> disediakan setelah saya coba live demonya di
> http://iredmail.org/admin_demo.html apa ada saran lain pak sebelum
> saya implementasikan iredmail di server saya?

Saya belum pernah coba iredmail, tapi penampilan webmailnya memang bagus.
Saya masih pakai squirrelmail. Dan untuk kebutuhan sekarang sudah cukup.

> Untuk PDC akan saya kirimkan japri ya Pak seperti Pak Joe dan Pak Dai

Saya juga pak minta tolong dikirimkan pula. Suatu saat mungkin saya
membutuhkan. Oya Pak Matthew, kalau anda membutuhkan secondary mail
server atau mail server bakup saya bisa sediakan. Gunanya bila mail
server anda down atau koneksi isp anda putus atau lambat, maka mail
tetap akan bisa didelivery ke mail server backup.
Kontak japri Pak.

--
Arief Yudhawarman
http://awarmanf.wordpress.com