On 1/12/06, Budi Rahardjo <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

>  Di tempat saya biaya per semester sekitar 2 jutaan :-),

hi hi hi. Ada mahasiswa saya yang biaya per semesternya
hanya Rp 750 ribu :-)

Seperti yang saya sebut, di tempat saya utk mahasiswa tertentu ada yg nol karena kena discount ini itu :-)

Berapa jumlah mahasiswa per angkatan di Gunadarma/Binus/dll?

Per angkatan mahasiswa baru sekitar 6000-7000 mahasiswa.  Karnea utk menutupi biaya operasional.  Tapi jumlah mahasiwswa banyak mewajibkan jumlah dosen tetap banyak (menurut aturan 70% harus dosen tetap dengan ratio dosen:mahasiswa lupa saya pastinya)

Memang banyak PTS bermain dg aturan 70% ini dengan mengurangi jumlah dosen tetap, dan menutupi dengan fasilitas fisik.

>  - Dosen tidak perlu membiayai kenaikan "kualitasnya" (beasiswa dan
> sebagainya banyak)
>
>  Jadi ndak bener kalo dibilang PTN terima dana nol :-).

Dimana-mana juga yang namanya PTN harus disubsidi pemerintah.
Namanya juga PT n e g e r i :)

Hm... masalahnya bukan perlu tidaknya subsidi, tapi bagiamana pengelolaan subsidi itu. Di Jerman Universitas itu relatif hidup total dari dana pemerintah, sebagai dampaknya. Semua resource BOLEH dipakai oleh semua orang di luar kampus tersebut.

oh ya, biasanya kenaikan "kualitas" dari dosennya seringkali
ditanggung sendiri. at least, itu yang banyak dilakukan dosen
di tempat saya, termasuk oleh saya.

Ini yang saya sebut, secara institusional kurang bagus :-)

IMW