Assalamu'alaikum wr wb pak Chodjim,

Terimakasih atas penjelasannya yang bagaikan pil tuntas buat saya.
Karena itu, karena sudah bagaikan pil tuntas, maka tidak ada
pertanyaan lagi yang timbul dalam pikiran saya mengenai hal ini.
Saya berharap teman-teman lain juga menjadi mengerti dalam kerangka
makna seperti inilah, pak Chodjim berpendapat demikian. Masing-
masing kita bisa saja mendapatkan wahyu ataupun ilham. Wahyu pasti
positif sedangkan ilham bisa ada yang postif dan ada yang negatif.
Begitu intinya kan, ya pak?

Saya kira selama ini kita2 disini hanya mempunyai pemahaman yang
berbeda tentang wahyu dan ilham saja.

Sekali lagi, termakasih.

Wassalamu'alaikum wr wb.,
--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "achmad chodjim"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Wa alaykumus salam wr. wb., mBak Lina.
>
> 1) Wahyu memang merupakan serapan dari kosa kata asing yang
maknanya seperti yang disampaikan oleh Ki Bina dari kota hujan itu.
Dalam bahasa Arab wahyu ditulis wawu-ha-alif bengkong artinya adalah
isyarat cepat. Dalam pemahaman teologis, wahyu adalah petunjuk
konkret (nyata) yang datangnya dari Allah swt (Tuhan semesta alam).
Jadi, kalau mBak Lina menerima wahyu maka mBak Lina akan bisa
melakukan sesuatu dengan benar (tanpa ragu-ragu lagi) tanpa proses
belajar di sekolah.

> Penemu makanan seperti bisa membedakan jamur yang beracun dan
mematikan orang yang memakannya dengan jamur yang sehat untuk
dimakan itu bukan coba-coba, tapi wahyu; seperti Maryam menerima
perintah untuk menggoyang pohon korma untuk konsumsinya. Jika untuk
menemukan jamur yang bisa dimakan itu dengan coba-coba, maka akan
banyak timbul korban. Allah itu ar-rahman dan ar-rahim, maka Allah
menghendaki sesuatu bagi orang-orang yang berkehendak. Kalau orang
menghendaki petunjuk maka Allah akan menunjukinya, Allaahu yahdii
man yasaa', bukankah begitu La Tando? Lha, Allah menunjuki manusia
itu melalui qalbunya (QS 64:11). Bagaimana cara Allah menunjuki
seseorang jika Allah tidak bercakap-cakap dengan manusia? Jawabannya
ya QS 42:51!!!

> Dus, wahyu itu ya hanya 3 macam seperti dinyatakan pada QS 42:51.
>
> 2) Ilham itu sama dengan inspirasi atau bisikan hati. Dengan
demikian, ilham bisa berupa bisikan tentang kejahatan dan bisa pula
tentang ketakwaan (QS 91:8).

> 3) Mbak Lina apa pura-pura lupa bahwa dalam QS 53:3-4
disebutkan "wa maa yantiqu 'an al-hawaa in huwa illaa wahyuy
yuuhaa." Dan, dia (Muhammad) tidak menuturkan itu (Alquran) dengan
hawa nafsunya, melainkan wahyu yang diwahyukan.

> 4) Lho, kan sudah jelas di QS 2:4, bahwa orang-orang yang bertakwa
itu mengimani kitab yang diturunkan kepada Nabi Muhammad dan yang
diturunkan kepada nabi-nabi sebelumnya. Jadi, tak disebutkan
mengimani kitab yang diturunkan setelah Muhammad. Itu artinya
Alquran sebagai kitab sudah final!

> Yang menjadi persoalan kita dalam diskusi ini kan kita tidak dapat
membedakan antara wahyu dan kitab. Jadi, nabi-nabi itu menerima
wahyu berupa kitab, dan manusia biasa hanya menerima wahyu sebagai
petunjuk dalam hidupnya agar bisa menyelesaikan persoalan hidup ini
dengan mudah. Kalau kita membaca al-fatihah, kita MENYATAKAN
PERMOHONAN untuk diberi petunjuk tentang jalan yang lurus seperti
yang diberikan kepada orang-orang yang menerima kenikmatan dalam
hidupnya. Padahal, jalan yang lurus itu hanya diberikan kepada para
nabi, para shiddiiqiin, para syuhadaa', dan para shaalihiin (QS
4:69). Dan, ingat kembali bahwa petunjuk itu diturunkan ke qalb, dan
caranya dengan wahyu lantaran Gusti Allah tidak bercakap-cakap
dengan manusia dengan bahasa dunia yang kita terima dari orang-orang
di sekitar kita.

> Wassalam,
> chodjim

Dalam
> [...]
wahyu
>   kepada hamba-hamba-Nya yang dipilih-Nya.
>   >
>   > Dalam QS 42:51 dijelaskan bahwa tak ada seorang pun yang
bercakap-
>   cakap dengan Allah (seperti bercakap-cakap dengan temannya atau
>   antar manusia), kecuali dengan cara wahyu, di balik tabir dan
>   dikirim utusan kepada orang itu untuk dibacakan wahyu kepadanya.
>   >
>   > Tanpa ada wahyu, ya dunia ini mandek, ndak ada kemajuan dalam
>   hidup ini, apalagi ingin meningkatkan derajat spiritualnya.
Tanpa
>   ada wahyu kita tak akan mampu meneladani Rasulullah. Harus
terjadi
>   proses "tune" antara wahyu yang kita terima dengan wahyu yang
>   diterima Kanjeng Nabi Muhammad saw. Dan, dalam QS 29:49
dinyatakan
>   dengan tegas bahwa ALQURAN yang sebenarnya itu berada di dalam
>   kesadaran orang-orang yang dilimpahi ilmu.
>   >
>   > Oleh karena itu, bacalah dengan saksama Alquran dan usahakan
>   memahami maksudnya agar kita tidak membuat pernyataan yang
> [...]
Pak