Pak Rizal,
Sedangkal pemahaman saya "MGA adalah seorang mujaddid itu hanyalah
kepercayaan Mas Hadi saja. Bukan pengakuan MGA sendiri bhw dia
adalah seorang mujaddid. Saya sendiri mempercayai MGA sebagai
mujaddid juga.

Sepengatahuan saya dari bacaan-bacaan yang saya baca, mujaddid MGA
ini akidahnya sempat bergeser (Menurut bukunya Almauduudi). Pada
suatu saat dia tak pernah mengaku menjadi nabi (ini waktu akidahnya
lurus), namun pada saat lain dia mengaku menjadi nabi. Saya tidak
tahu pasti apa yang menyebabkan hal tsb. Apa karena dorongan syahwat
politik pengikutnya pada waktu itu? Atau memang MGA tidak pernah
mengaku menjadi nabi selama hidupnya, hanya saja kemudian
pengikutnya terdahulu menambahkan wahyu kedalam kumpulan wahyu
tadzkirah itu ttg pengakuan MGA sbg nabi, untuk melegitimasi
Pergerakan ini. Ini hanya dugaan saya saja setelah membaca hal2 ttg
Ahmadiyah sbg suatu pergerakan dan sejarah berdirinya.

wassalam,
--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, Mohammad Rizal
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Kalau betul dia mujaddid, mustahil dia mengaku nabi. Dengan
pengakuannya sebagai nabi, maka dia sendiri terkeluar dari Islam
sehingga mustahil pula dia seorang mujaddid. Mirza Ghulam Ahmad
hanyalah seorang pembohong besar dan telah berlalu sebelum dia
beberapa pembohong lain.