1) Saya malah tidak mengerti penghilangan kata "kerudung" or "jilbab" dalam
ayat tersebut, maksute...

Wong sudah dijelaskan bahwa laki-laki dan perempuan itu adat-istiadatnya bagi
orang-orang merdeka di Jazirah Arabia adalah berkerudung. Hanya saja, lantaran
dadanya perempuan dibiarkan "mengo", maka perempuan diperintahkan menjulurkan
kerudungnya untuk menutupi dadanya. Begitu, lho Mbak. Jadi, jangan kerudung
yang dipakai itu hanya menutupi kepala, lalu diselendangkan ke belakang, karena
ada yang dipamerkan. Jadi, buka karena laki-laki ndak punya dada. Laki-laki itu
punya buah dada juga, lihat saja di iklan susu itu....:))

Persoalannya kan sejauh mana "buah dada" itu mendukung keselamatan pemiliknya.
Lha, kalau di pedalaman Papua, buah dada perempuan diler atau dibiarkan
telanjang pun tak akan mengusik kaum laki-lakinya.

Makanya, ada pakaian penutup aurat, ada pakaian untuk perhiasan, dan ada
pakaian takwa. Nah, yang perlu kita galakkan sebenarnya ya PAKAIAN TAKWA.
Mengapa kita justru risih pakaian penutup aurat yang sebenarnya subjektif,
tetapi kita tidak "care" dengan pakaian takwa?

2) Pakaian ibadah.
Wah, ternyata Mbak Lina tidak paham aurat lelaki menurut Islam. Aurat lelaki
itu dari lutut hingga pusar. Tapi, pakaian ihram lelaki itu bukan sampai di
lutut. Juga, bagi perempuan yang menganggap wajahnya itu aurat, ketika berihram
harus melepaskan cadarnya. Itu menunjukkan bahwa dalam ibadah itu ada batasan
auratnya sendiri!

Wassalam,
chodjim