  From: Lina Dahlan
  To: wanita-muslimah@yahoogroups.com
  Sent: Tuesday, August 26, 2008 10:09 PM
  Subject: [wanita-muslimah] Jilbab ibarat topi baja buat militer - Re: Jilbab
= kerudung?

  Saya kira kita tidak sedang membicarakan budaya arab (apalagi
  menganggap lebih sempurna), tapi maksud/tujuan kata "kerudung"
  dan "jilbab" dalam ayat2 tsb(yg utk menutup rambut) dan diingatkan
  utk diteruskan menutup dada (meski sebetulnya inilah yang
  terpenting). Masalahnya ayat2 tsb tidak menyinggung kata CD or
  kutang, jadi sebaiknya kitapun tak menyinggung. Ntar Changchuters
  tersinggung...:-)))

  Jadi intinya, ayat itu mengisyaratkan agar wanita beriman untuk
  menutup rambut, dada, dan seluruh tubuh. Itu yang terbaik bg wanita
  beriman. Itu saja, pak.

  wassalam,
  --- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "achmad chodjim"
  <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

  > Mbak Lina,
  >
  > Kalau kita beriman dalam berpakaian mengikuti budaya Arab yang ada
  pada masa Rasul, ya kita harus mengunakan gamis/jilbab yang warna
  putih saja. Bagi yang punya, jilbab itu merupakan pakaian kombor luar
  sebagi penutup pakaian ketat yang tipis yang juga berwarna putih.
  Jadi, bagi yang punya jilbabnya pasti rangkap; sedangkan yang tidak
  punya ya tidak memiliki baju dalam sebagai rangkapan.

  > Kalau kita beriman mengikuti cara berpakaian orang Arab (karena
  dianggap yang lebih sempurna), ya kita jangan pakai CD (CELANA DALAM)
  dan kutang. Kita harus kaffah seperti para perempuan sahabat di masa
  rasul. Bukankah begitu?

  > Wassalam,
  > chodjim

  Re: Jilbab = kerudung?

> [...]
  terbuka,
  > melainkan diselendangkan semaca sleyer. Sampai di sini tentunya
  bisa
  > dipahami. Seandainya orang perempuan Arab tidak berkerudung,
  sudah
  > dapat dipastikan Alquran memakai bahasa yang terang, yaitu
  tutuplah
  > dadamu.

  > kehidupan sosial masyarakat pada waktu itu. Tak ada ayat yang
  > turun "jleg" begitu saja. Umat tak akan mengerti.

  > sesuatu yang indah? KARENA, kalau tidak ditutup bakal
  mendatangkan
  > gangguan sebagaimana disampaikan pada QS 33:59.

  keterbukaan
  > dan
  > memiliki

  > panjang