On 28 Mar 2012, at 09:35, Ahmad Sofyan <asof...@python.or.id> wrote:

> Redhat sudah mencapai 1 milyar, Canonical belum :-)
>
> Bedanya, dari awal Redhat sudah beroperasi sebagai perusahaan komersial,
> dengan bisnis inti di support dan sertifikasi menyasar pelanggan korporat.
> Sedangkan canonical, dibuat untuk mendanai Ubuntu. Canonical belum menemukan
> model bisnis inti, tapi masih bertahan karena dibiayai oleh Mark S. Kalau
> lihat webnya layanannya banyak banget.
> IMHO, mereka masih ujicoba menghasilkan uang dari basis pengguna Ubuntu yang
> banyak.
>
> Kalau lihat webnya (canonical.com vs redhat.com) akan terlihat seperti apa.

> [...]

Ga sekalian meniru model bisnis Microsoft dan Apple aja nih mas?

Klo tujuannya adalah uang, ya jangan nanggung. Klo tujuannya adalah
memberi yang terbaik, maka jangan terlalu memikirkan uang. Dapetin
uang itu gampang, tapi memberi manfaat bagi orang lain itu yang sulit,
ga banyak yang bisa melakukannya.

Contohnya coba lihat twitter. Selama 4 tahun ga menghasilkan uang,
malah menghabiskan uang investornya. Tapi lihat manfaat yang dia bawa.
Tujuan pendiri twitter dari awal bukan uang, tapi 'scratch his own
itch'. Ini yang membuat layanan ini bisa sukses, karena memberi solusi
atas persoalan yang nyata.

Walau canonical belum sebesar redhat, saya pribadi lebih merasakan
manfaat canonical ketimbang redhat. Sejak 2008 di laptop saya pake
ubuntu sampai saat ini. Ini adalah distro linux terbaik yang pernah
saya gunakan, baik untuk server maupun desktop.

--
Donny Kurnia
Apple ID: donnykur...@gmail.com